Marketplace Prioritaskan Produk Made in Indonesia

Penjualan produk – produk dalam negeri harus menjadi prioritas para penyedia lokapasar (marketplace) di Indonesia.

Hal ini disampaikan Wakil Menteri Perindustrian (Wamenperin) Faisol Riza ketika berkunjung ke kantor pusat Tokopedia di Jakarta pada Rabu (22/1/2024).

Menurutnya, saat ini penjualan di marketplace masih didominasi oleh produk impor.

“Fenomena ini disebabkan oleh visibilitas produk dalam negeri di berbagai platform kerap kali kalah bersaing dari produk impor sejenis dengan harga yang lebih murah,” kata Wamenperin Faisol.

Oleh karena itu, dia mendorong seluruh marketplace untuk menyediakan kanal khusus produk-produk dalam negeri, sehingga memberikan peluang bagi konsumen untuk lebih melirik produk lokal hasil produksi Industri Kecil dan Menengah (IKM), dibandingkan dengan produk impor.

“Produk lokal kita kualitasnya tidak kalah dari produk-produk impor. Karena itu, marketplace perlu membantu tim untuk memeriksa setiap produk yang dijual oleh tenant,” katanya.

Produk fesyen dan sepatu lokal misalnya, menurut Wamenperin Faisol, banyak yang punya kualitas lebih baik daripada produk impor.

“Mereka pelaku IKM ini yang harus diberi ruang, agar perlahan mindset masyarakat yang mengatakan bahwa produk impor pasti lebih baik, itu bisa terkikis dengan sendirinya,” jelasnya.

Salah satu upaya yang bisa dilakukan marketplace untuk mendongkrak penjualan produk – produk dalam negeri ialah dengan menyertakan identitas khusus Made in Indonesia di setiap produk lokal, sehingga mudah dikenali oleh pengguna.

Selain itu, marketplace yang selama ini menjadi pemain utama dalam perdagangan digital, didorong terus aktif memberikan pendampingan strategi pemasaran dan branding kepada IKM agar mampu menghasilkan produk berkualitas dan mampu diterima oleh masyarakat luas.

Begitu juga dengan event Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) yang selama ini menjadi upaya tahunan pemerintah untuk mendorong masyarakat berbelanja daring melalui marketplace secara masif, kata Wamenperin Faisol, harus tetap dipastikan untuk mengutamakan produk dalam negeri.

Baca Juga:  Himbau Kemenhub ke Maskapai BBN Airlines Indonesia Pastikan Hak Penumpang Terpenuhi

Marketplace perlu mendampingi produsen produk dalam negeri supaya lebih berkualitas dan harganya lebih kompetitif. Marketplace juga harus membantu pemerintah menjadi garda depan untuk produk industri dalam negeri secara digital,” tuturnya.

Wamenperin Faisol optimistis, marketplace punya peran strategis untuk menjadi katalisator dalam memperluas jangkauan produk – produk dalam negeri kepada konsumen domestik bahkan dunia.

“Kemenperin dan marketplace bisa meningkatkan sinergi melalui MoU, untuk memberikan tempat prioritas bagi produk dalam negeri dan label Made in Indonesia di platformplatform tersebut,” ungkapnya.

Wamenperin Faisol menambahkan, perdagangan daring melalui marketplace di Indonesia cukup potensial.

Laporan e-CONOMY SEA 2024 menyebutkan, tahun lalu Indonesia mencatatkan Gross Merchandise Value (GMV) total sebesar US$90 miliar atau Rp1.420 triliun dari transaksi jual beli digital, dengan US$65 miliar di antaranya berasal dari marketplace. Angka ini diperkirakan tumbuh hingga US$200 hingga US$360 miliar pada tahun 2030.

“Karena itu, marketplace harus menjadi etalase utama produk-produk unggulan dalam negeri. Ini bukan sekadar nasionalisme, namun juga membangun ekosistem sektor industri kecil dan menengah yang berkelanjutan dan berdaya saing global,” jelas Wamenperin Faisol. I

Kirim Komentar