KAI AMANKAN BARANG TERTINGGAL PELANGGAN SENILAI LEBIH DARI RP4 MILIAR

PT Kereta Api Indonesia (KAI) memiliki sistem Layanan Lost and Found, bagi para pelanggan yang merasa kehilangan atau tertinggal barangnya di dalam kereta api atau di stasiun dapat melaporkan kepada petugas ataupun dapat juga melalui Contact Center KAI 121.

Sepanjang tahun 2022, terdapat 4.984 barang temuan dengan estimasi nilai barang sebesar Rp4.054.600.969 berhasil KAI amankan dan telah dimasukkan pada database sistem Lost and Found.

Jenis item barang-barang berharga yang diamankan, seperti laptop, perhiasan, telepon seluler, tas, dompet hingga paspor WNA.

Sebagian besar barang tersebut sudah kembali ke pemilik, sedangkan sisanya masih KAI simpan.

Vice President Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan, petugas announcer secara rutin mengingatkan kepada pelanggan agar menjaga barang bawaannya agar tidak tertinggal di stasiun atau di atas kereta api.

“Barang bawaan pelanggan merupakan tanggung jawab masing-masing dan untuk memberikan layanan maksimal petugas KAI akan selalu berupaya membantu mengamankan barang tertinggal yang masih ada di atas kereta api atau stasiun,” ujarnya.

Pengalaman pelanggan terkait layanan Lost and Found KAI dapat ditemui pada kolom komentar pada unggahan akun Instagram @kai121_ pada 9 Februari 2023.

Top comment dengan akun @qurrotaayun menceritakan koper yang tertukar dengan pelanggan lain, tapi akhirnya kopernya dapat kembali.

“Pernah koperku tertukar sama salah satu penumpang pas waktu naik kereta ke arah jakarta, karena tertukarnya itu pas tengah malam dan aku lagi tidur jadi tidak sadar, pas sampe Stasiun Gambir langsung kasih tahu ke bagian keamanan dan dibantu sampai koperku kembali,” tutur akun @qurrotaayun.

Komitmen KAI terhadap layanan Lost and Found mencerminkan layanan prima KAI di aspek lainnya.

Peningkatan layanan yang secara terus menerus dilakukan KAI telah mendapat pengakuan dari masyarakat.

Baca Juga:  Ditjen Hubla Gelar Rakor Bersama Pihak Terkait Jelang Penyelenggaraan Angkutan Lebaran 2024

Hal ini dapat dilihat dari hasil survei nasional yang dilaksanakan oleh Saiful Mujani Research & Consulting pada Desember 2022.

Survei tersebut menunjukkan bahwa awareness masyarakat terhadap brand KAI cukup tinggi.

Mayoritas masyarakat juga merasa puas dengan layanan kereta api sekarang ini.

“Tingginya tingkat kepuasan pada layanan KAI mengkonfirmasi keberhasilan KAI memperbaiki berbagai aspek pelayanannya, sehingga diharapkan semakin banyak masyarakat yang menggunakan jasa kereta api untuk bertransportasi,” tutur Joni. I

 

 

 

Kirim Komentar