Indonesia melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) siap menarik lebih banyak wisatawan mancanegara (wisman) dari kawasan Timur Tengah pada Arabian Travel Market (ATM) Dubai 2023 yang berlangsung di Dubai World Trade Centre mulai 1-4 Mei 2023.
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menjelaskan, melalui ATM Dubai 2023, Kemenparekraf memberikan informasi perkembangan terkini tentang pariwisata Indonesia.
“Pariwisata Indonesia terus berupaya membangun layanan yang lebih baik dalam menyambut PPLN atau Pelaku Perjalanan Luar Negeri) dan sejumlah relaksasi aturan bagi PPLN untuk memasuki Indonesia pascapandemi,” katanya dalam pernyataan di Jakarta, Senin (1/5/2023).
Menurut Sandiaga, pihaknya berharap partisipasi aktif Indonesia dalam ATM Dubai 2023 dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara, yang pada akhirnya dapat berkontribusi pada peningkatan pendapatan devisa negara dan penambahan lapangan pekerjaan.
Partisipasi Indonesia dalam ATM Dubai adalah salah satu upaya aktif pemasaran pariwisata Indonesia di kancah internasional. kawasan Timur Tengah menjadi kawasan yang masuk dalam daftar pasar utama Indonedia yang sangat strategis.
“Kami menargetkan transaksi yang diperoleh pada ATM Dubai 2023 dapat mencapai 55.000 pax dengan fokus peningkatan empat aspek, yaitu experience, quality, sustainability dan luxury tourism,” jelas Sandiaga.
Keikutsertaan Indonesia pada pameran ini tidak lepas dari peran para pelaku industri pariwisata Indonesia yang melakukan collaborative marketing.
“Saya juga sangat mengapresiasi sebesar-besarnya bagi pelaku pariwisata tanah air yang telah bekerja sama guna membangkitkan pariwisata Indonesia,” tegasnya.
Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf/Baparekraf Ni Made Ayu Marthini mengungkapkan sejumlah strategi khusus yang disiapkan oleh Kemenparekraf bersama dengan industri yang tampil di ATM Dubai 2023.
“Selain tema Visit Indonesia Year 2023: Explore Our New Wonderful Destinations, promosi kita tidak akan lepas dari dua hal, yakni pariwisata berkelanjutan dan pariwisata berkualitas yang sejalan dengan tren pariwisata dunia saat ini,” tutur Ni Made.
Pada pameran ATM Dubai 2023, Kemenparekraf melakukan dua kegiatan utama.
Pertama, kegiatan Business to Business (B2B) Meeting dengan mempertemukan industri pariwisata Indonesia (sellers) dengan calon buyers potensial.
Dalam dunia usaha pariwisata, pertemuan langsung antara sellers dan buyers menjadi tonggak penting bagi eksistensi pariwisata Indonesia di kancah persaingan industri pariwisata dunia.
Kedua, pertemuan langsung dengan wholesaler, Online Travel Agent (OTA) dan maskapai penerbangan internasional guna meningkatkan kerja sama terpadu dan joint promotion terkait pariwisata Indonesia, terutama berkenaan dengan penambahan kapasitas kursi dan frekuensi penerbangan ke Indonesia.
Turut hadir dalam pembukaan Pavilion Indonesia pada 1 Mei 2023 Deputi Bidang Pemasaran Ni Made Ayu Marthini, Konsulat Jenderal Republik Indonesia di Dubai K. Chandra Negara dan Direktur Pemasaran Regional 2 Cecep Rukendi. I