ADA EMPAT SPOT ISLAND HOPPING TERBAIK DI INDONESIA

0
Destinasi Super Prioritas (DSP) Likupang di Kabupaten Minahasa Utara, Provinsi Sulawesi Utara. (dok. kemenparekraf)

Dikenal sebagai negara kepulauan dengan keindahan bawah laut yang memukau, tidak heran jika banyak wisatawan lokal maupun mancanegara yang tertarik diving di Indonesia.

Namun, Indonesia tidak hanya dikenal sebagai spot diving terbaik, melainkan juga sebagai destinasi terbaik untuk island hopping.

Island hopping atau “loncat” dari satu pulau ke pulau lainnya menjadi kegiatan berwisata yang banyak diminati wisatawan.

Menariknya, kita tidak hanya mampir ke berbagai pulau saja, tapi juga bisa coba island hopping dengan konsep live on board.

Singkatnya, live on board adalah atraksi wisata dengan cara menginap di atas kapal. Sampai saat ini, live on board menjadi tren wisata unik yang menarik dicoba.

Pasalnya, mendapatkan pengalaman menginap di tengah laut lepas, sambil menyelam dan mengunjungi berbagai atraksi wisata di pulau-pulau yang kita kunjungi.

Indonesia mempunyai banyak spot island hopping dan live on board terbaik yang bisa dicoba. Berikut di antaranya:

Bali – Lombok

Punya banyak pantai yang indah, tidak heran jika Bali dan Lombok menjadi salah satu destinasi wisata terpopuler yang hampir tidak pernah sepi wisatawan. Tak sekadar berselancar maupun bersantai di pinggir pantai, tapi bisa coba sensasi island hopping di Bali – Lombok.

Untuk rute island hopping, mulai dari Pelabuhan Sanur menuju Nusa Lembongan di Pulau Nusa Penida. Setelah itu, dilanjutkan ke Gili Trawangan, kemudian “loncat” ke Gili Meno dan Gili Air.

Selama island hopping di Bali – Lombok, akan dibuat kagum dengan kondisi air laut yang sangat jernih. Saking jernihnya, bisa coba melakukan berbagai aktivitas seru, seperti diving, snorkeling, maupun canoeing.

Labuan Bajo

Kalau mencari pengalaman liburan yang anti-mainstream, bisa island hopping sambil live on board menggunakan kapal pinisi di Labuan Bajo, salah satu Destinasi Super Prioritas (DSP). Kali ini, bisa merasakan pengalaman menginap di dalam kapal, sambil mengelilingi Perairan Nusa Tenggara Timur selama beberapa hari.

Baca Juga:  KEMENPAREKRAF GELAR FAMTRIP BAGI TA/TO DARI 3 NEGARA ASEAN

Selain menikmati keindahan alam dari dalam kapal, kita berkesempatan mampir ke pantai-pantai yang indah di Labuan Bajo, salah satunya Pantai Pink (Pink Beach). Perpaduan pasir berwarna pink, dengan pemandangan air laut biru kehijauan yang jernih seakan membuat perasaan terasa damai.

Island hopping di Labuan Bajo kurang lengkap kalau tanpa diving dan snorkeling. Untuk itu, pastikan menyempatkan waktu diving di Manta Point. Kalau beruntung, berkesempatan untuk berinteraksi langsung dengan ikan pari manta dan hiu.

Likupang

Sebagai salah satu Destinasi Super Prioritas (DSP), Likupang menawarkan keindahan pantai bawah laut yang luar biasa indah. Itu mengapa, banyak wisatawan yang menjadikan Likupang sebagai spot island hopping yang masih “perawan” alias jarang tersentuh.

Salah satu pulau yang wajib dikunjungi saat island hopping di Likupang adalah Pulau Lihaga. Di sini, bisa menikmati keindahan bawah laut yang masih sangat terjaga dengan baik.

Setelah puas menyelam, kita bisa melanjutkan perjalanan naik kapal menuju Pulau Gangga. Tidak hanya punya pesona alam bawah laut yang masih alami, Pulau Gangga terkenal sebagai spot sunset yang eksotis di Likupang.

Raja Ampat

Satu lagi spot island hopping dan live on board terbaik di Indonesia, Raja Ampat. Ditambah lagi, banyak spot diving dan snorkeling kelas dunia di Raja Ampat. Salah satunya adalah mengunjungi Pulau Misool untuk bertemu dengan ratusan jenis ikan hias dan terumbu karang yang indah.

Selain diving, juga berkesempatan untuk mampir ke Kampung Warkesi saat island hopping di Raja Ampat. Di sini, berkesempatan bird watching melihat burung endemik Papua secara langsung, yakni burung Cendrawasih. I

 

Kirim Komentar

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini