DESTINASI KULINER DAN DESA WISATA BUKA PELUANG LAPANGAN KERJA

Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno saat acara Grand Launching The Surosowan di Cilegon, Provinsi Banten, Rabu (22/12/2021). (Istimewa)
Bagikan Artikel

Pengembangan desa wisata dan destinasi kuliner akan mampu menjadi pilihan utama wisatawan, sehingga dapat membangkitkan ekonomi dengan terbukanya peluang usaha, serta lapangan kerja bagi masyarakat setempat.

Menurut Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno, desa wisata menjadi salah satu solusi dalam menghadirkan lapangan kerja melalui sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Dia mencontohkan Kampung Agrinex Ecotourism yang berada di Desa Cikeusik, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten. Lokasi ini perlu didukung dan dipersiapkan secara all out sebagai destinasi unggulan yang dapat menarik minat wisatawan.

“Saya yakin dengan dengan pengalaman kita bersama, kita paham kebutuhan rakyat, rakyat butuh kehadiran pemerintah, untuk menghadirkan solusi ekonomi,” ujarnya saat kunjungan ke Kampung Agrinex Ecotourism.

Rabu (22/12/2021).

Infrastruktur yang tersedia dengan adanya jalan tol, lanjut Sandiaga, bukan hanya Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Lesung yang tersentuh, tapi daerah sekitarnya juga.

“Ini menjadi tantangan buat kita sebagai bagian dari pembangunan Indonesia untuk bertindak secara lebih tegas dan cepat. Tegas berpihak kepada rakyat dan cepat dalam berkolaborasi,” jelasnya.

Sementara itu mengenai destinasi kuliner, Sandiaga menjelaskan bahwa The Surosowan yang berada di kawasan industri Krakatau Steel Cilegon mampu menjadi pilihan utama kuliner bagi wisatawan, sehingga dapat membangkitkan ekonomi dan membuka peluang usaha, serta lapangan kerja bagi masyarakat setempat.

“Surosowan merupakan salah satu bagian dari produk ekonomi kreatif kita. Memang kota Cilegon adalah kota industri, tapi kota industri juga perlu industri lain yang menopang,” ungkapnya saat menghadiri acara Grand Launching The Surosowan di Cilegon, Banten, Rabu (22/12/2021).

The Surosowan merupakan restrukturisasi dari salah satu restoran terbaik di Cilegon yaitu The Sapphire Restaurant, unit bisnis dari anak perusahaan Krakatau Steel dibawah naungan Krakatau Sarana Properti (KSP).

The Sapphire Restaurant, melakukan sedikit pembaharuan pada interior dan menu makanan. Selain itu, bentuk peremajaan lainnya adalah dengan mengganti nama menjadi The Surosowan.

Destinasi kuliner ini diharapkan dapat menjadi primadona bagi penikmat kuliner serta menjadi identitas baru sebagai restoran yang berkualitas dan memiliki cita rasa khas di Kota Cilegon. I

 


Bagikan Artikel

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here