INDONESIA SIAP JADI TUAN RUMAH PERTEMUAN TINGKAT MENTERI TRANSPORTASI ASEAN

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di pertemuan Menteri Transportasi ASEAN/ASEAN Transport Ministers Meeting and Associated Meetings Tahun 2021 secara daring, Jumat (12/11/2021). (Istimewa)
Bagikan Artikel

Pemerintah Indonesia menyatakan kesiapannya untuk menjadi tuan rumah pertemuan tingkat menteri transportasi ASEAN tahun 2022.

Menurut Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi pertemuan tersebut penting untuk pengembangan sektor transportasi di kawasan ASEAN melalui kerangka kemitraan di sektor transportasi antara ASEAN dengan negara lain, seperti Jepang, Korea Selatan, China, dan Amerika Serikat, serta sejumlah mitra dialog ASEAN lainnya.

“Kesiapan Indonesia tidak hanya sebagai tuan rumah penyelenggaraan rangkaian Pertemuan ASEAN bidang Transportasi pada Tingkat Menteri, Pejabat Tinggi dan Kelompok Kerja ASEAN, melainkan juga sebagai ketua,” katanya  pada pertemuan Menteri Transportasi ASEAN/ASEAN Transport Ministers Meeting and Associated Meetings Tahun 2021 secara daring, Jumat (12/11/2021).

Menhub menjelaskan, pernyataan bersama para menteri yang dihasilkan dalam pertemuan tahun ini menjadi suatu dokumen yang penting yang menjadi kerangka acuan kerja sama di bidang transportasi darat, laut, dan udara di ASEAN.

“Kondisi pandemi Covid-19 semakin membaik, sehingga rangkaian pertemuan ASEAN bidang transportasi pada tahun 2022 dapat dilakukan secara tatap muka,” ungkapnya.

Pertemuan Tingkat Menteri Transportasi ASEAN menyepakati inisiatif bersama yang dihasilkan dari pertemuan pada tahun ini, terkait dengan kelanjutan kemitraan atau kerja sama di sektor transportasi, baik itu antarnegara ASEAN, maupun dengan mitra wicara ASEAN, yakni dengan Jepang, Korea Selatan, China, dan Amerika Serikat.

Pertemuan juga menyepakati inisiatif untuk upaya pemulihan Covid-19, peningkatan transformasi digital di ASEAN, penguatan pasar penerbangan tunggal ASEAN, dan peningkatan jaringan transportasi darat ASEAN.

Selain itu, kesepakatan lainnya adalah memfasilitasi transportasi barang lintas batas, pengintegrasian transportasi berkelanjutan, peningkatan konektivitas dan integrasi transportasi laut, dan peningkatan kerja sama transportasi dengan sejumlah mitra dialog ASEAN. I

 


Bagikan Artikel

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here