KAMPANYE GEMARIKAN UNTUK ATASI STUNTING DAN GIZI BURUK

Pemerintah Kota (Pemkot) Serang melakukan kampanye Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) Kota Serang Tahun 2023 sebagai upaya mengatasi stunting dan gizi buruk.

Wali Kota Serang Syafrudin didampingi Camat Kecamatan Kasemen Kristiyanto dan Plt. Sekretaris DKP3 M. Derajat menghadiri acara Gemarikan Kota Serang Tahun 2023 di Sentra IKM Margaluyu Kelurahan Margaluyu Kecamatan Kasemen, Kamis (9/3/2023).

Menurut Syafrudin, kampanye Gemarikan Kota Serang Tahun 2023 merupakan program tahunan yang dilaksanakan atas instruksi pemerintah pusat.

“Kami atas nama Pemerintah Kota Serang menghimbau kepada masyarakat khususnya anak-anak untuk memakan ikan sehingga menjadi sehat,” ujarnya.

Syafrudin mengatakan bahwa Pemkot Serang telah beberapa kali menyelenggarakan kegiatan kaitannya dengan gerakan makan ikan dengan tujuan utamanya adalah mengurangi angka stunting dan gizi buruk di Kota Serang.

“Pemkot Serang telah beberapa kali menyelenggarakan Gerakan Makan Ikan, yang tujuannya untuk menyehatkan masyarakat, terutama di daerah yang masih terdapat kasus stunting dan gizi buruk,” jelasnya.

Terkait dengan lokasi pelaksanaan kegiatan, Syafrudin berharap pelaksanaannya di wilayah yang jauh dari wilayah pantai, tapi tetap mengapresiasi kegiatan ini dan berharap juga dapat mengurangi angka stunting yang ada di Kelurahan Margaluyu ini.

“Kalau bisa jangan diadakan di pinggir-pinggir pantai karena disini banyak ikan, kalau saya berharap pelaksanaan di wilayah yang jauh dari wilayah Pantai,” ungkapnya.

Namun, Syafrudin menegaskan, pelaksanaan kampanye di lokasi ini karena memang tujuannya untuk mengentaskan stunting dan untuk Margaluyu masih ada 42 orang stunting. “Mudah-mudahan dengan diadakannya disini dapat menurunkan stunting.”

Sementara itu, Plt. Sekretaris DKP3 M. Derajat menjelaskan, kegiatan pada tahun ini hanya sekali tepatnya di Kelurahan Margaluyu sebanyak 150 kg ikan dibagikan.

Baca Juga:  Pentingnya Vaksin Booster Pertama dan Kedua

Terkait dengan penentuan lokasi kegiatan, dia menyampaikan bahwa ini merupakan hasil koordinasi pada saat musrenbang berlangsung.

“Disini ada tiga kelurahan yang memang stuntingnya tinggi, kita juga sudah koordinasi pada saat Musrenbang dan hasilnya salah satu tempatnya di Margaluyu ini,” jelasnya.

Untuk saat ini, Derajat menuturkan, ada sekitar 150 kg ikan campuran, tapi ikan tenggiri yang utama, selain itu juga ada kegiatan senam pada pagi harinya. I

 

Kirim Komentar