PANEN PADI SERENTAK DI KABUPATEN TANGERANG

Kegiatan bersama dengan Kelompok Tani Barokah untuk memanen padi varietas Ciherang. (dok. tangerangkab.go.id)
Bagikan Artikel

Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Tangerang bersama Kelompok Tani Barokah memanen padi varietas Ciherang di lahan seluas 41 hektare.

Kegiatan tersebut digelar untuk mendukung panen padi nusantara di lahan satu juta hektare secara serentak se-Indonesia.

“Kegiatan ini digelar menyeluruh se-Indonesia dalam rangka panen raya 1 juta hektare. Salah satunya di Kabupaten Tangerang,” kata Kepala DPKP Asep Jatnika.

Pada pelaksanaan panen tersebut dilakukan ubinan oleh tim Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Tangerang dengan hasil ubinan 8,6 ton per hektare Gabah Kering Panen (GKP), sehingga perkiraan produksi untuk luasan 41 hektare sebesar 352,6 ton.

Asep menjelaskan, berdasarkan hasil ubinan tersebut dapat disimpulkan bahwa produktivitas padi tersebut termasuk ke dalam kategori tinggi.

Potensi panen padi di Kabupaten Tangerang pun pada Maret 2023 seluas 10.897 hektare.

“Diharapkan dari kegiatan panen padi nusantara ini produksi padi dapat melimpah dan semoga dapat mempengaruhi kepada kestabilan harga beras, sehingga dapat menahan laju inflasi harga beras dan dapat meningkatkan pendapatan petani di Kabupaten Tangerang,” jelasnya.

Dalam kegiatan panen padi Nusantara ini dihadiri oleh tim dari Kementerian Pertanian, BPS Kabupaten Tangerang, Tim DPKP Kabupaten Tangerang, Kecamatan Gunung Kaler, Kepala Desa Gunung Kaler, dan beberapa Kelompok Tani. I

 

 

Kirim Komentar

Bagikan Artikel