KEBIJAKAN DAN LANGKAH STRATEGIS PEMPROV DKI JAKARTA MENUJU JAKARTA KOTA GLOBAL

Jakarta tengah dipersiapkan menjadi pusat ekonomi dan bisnis berskala global, sehingga berbagai strategi dilakukan untuk mewujudkan Jakarta sebagai kota global.

Hal itu disampaikan Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono saat membuka dan memberikan pengarahan dalam Seminar ”Menuju Masa Depan Jakarta sebagai Kota Global” yang digelar Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) DKI Jakarta di Teater Besar, Taman Ismail Marzuki, Jakarta.

Seminar tersebut juga merupakan sosialisasi kepada perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk bergerak bersama membangun Kota Jakarta.

”Hari ini Pak Asisten Pemerintahan melalui Kepala BPSDM mengumpulkan 750 eselon III, supaya bisa tahu arah Jakarta ke depan bagaimana,” kata Pj Gubernur Heru.

Dalam seminar dibahas berbagai macam tantangan dan peluang masa depan Jakarta, inovasi dan strategi pembangunan kota global, hingga peran dan langkah pemerintah untuk membangun kota.

Pj Gubernur Heru menjelaskan, terdapat berbagai macam aspek yang harus diperhatikan untuk membangun kota.

”Membangun Kota Jakarta itu ada penilaiannya untuk menuju global city. Apa saja penilaiannya, aktivitas bisnis, keamanan, kesehatan, sekolah, museum, Ruang Terbuka Hijau (RTH), transportasi, dan lain sebagainya,” jelasnya.

Pj Gubernur Heru menambahkan, untuk mewujudkan Jakarta sebagai Kota Global, tidak dapat dibangun dalam kurun waktu yang singkat.

Maka, lanjutnya, dibutuhkan sinergi dengan berbagai pihak untuk menentukan arah Jakarta setelah tidak lagi menjadi ibu kota negara.

”Karena mau tidak mau kita harus bersaing dengan kota-kota lain setelah nanti tidak menjadi ibu kota. Maka di sini kami membangun semangat, agar semua lapisan, investor, swasta, termasuk yang berkaitan dengan bidang pariwisata, nanti OPD menghimpun data untuk disampaikan kepada Kearney,” ungkapnya.

President Director and Partner Kearney Indonesia Shirley Santoso mengapresiasi langkah Pemprov DKI Jakarta yang bersinergi dengan berbagai pihak untuk membangun Jakarta, salah satunya dengan Kearney Indonesia.

Baca Juga:  KEMENPERIN ATUR STRATEGI KEMBANGKAN EKOSISTEM EV

Dia menilai, kontribusi Jakarta sangat penting terhadap Gross Domestic Product (GDP) Indonesia, yaitu sekitar 16% hingga 17%.

”Kita sangat senang sekali untuk mendengar aspirasi Jakarta ke depannya. Ini juga momennya sangat tepat, opportunity sangat tepat dan Jakarta ke depan akan tetap penting karena kontribusinya yang penting untuk GDP Indonesia ke depan,” tutur Shirley.

Dia juga menyampaikan optimisme dalam mengawal Jakarta menuju kota global dengan peringkat indeks kota global yang berpotensi akan terus meningkat.

Penilaian ini berdasarkan pada kondisi perekonomian, laju globalisasi, sumber daya manusia, informasi dan tekonologi, pengalaman budaya, hingga keterlibatan politik.

”Jadi, kalau kita lihat dari sisi Global City Indeks yang kita lakukan setiap tahunnya, Jakarta saat ini berada di ranking 74 dan banyak potensi yang bisa kita kembangkan untuk meningkatkan peringkat Jakarta jauh lebih tinggi dari sisi global city,” kata Shirley. I

 

Kirim Komentar