KEMENHUB JAJAGI KERJA SAMA SWASTA PROYEK TRANSPORTASI

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. (Istimewa)
Bagikan Artikel

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menjajagi kerja sama dengan Shanxi International Economic and Technical Cooperation Co., Ltd dari 22 perusahaan internasional yang mendapatkan izin untuk bekerja sama di luar negeri oleh Pemerintah China.

Perusahaan itu bergerak dibidang proyek konstruksi dan produk logam magnesium, project management, international labour cooperation, ekspor impor komoditas, overseas investment, serta pariwisata.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dalam Instagramnya pada Senin (29/11/2021), menyatakan, pertemuan dengan dua petinggi Shanxi International Economic & Technical Cooperation, yakni Mr Wang Chongjun dan Yuan Dongfeng membahas hal-hal terkait potensi investasi Pelabuhan Ambon Baru dan Palembang Baru, serta kemungkinan kerja sama beberapa proyek bandara.

“Nantinya, Shanxi International Economic & Technical Cooperation dapat mengikuti lelang dengan menjadi bagian dari konsorsium atau bertindak sebagai financing institution dalam proyek-proyek yang sedang dalam perencanaan,” ujarnya.

Proyek-proyek tersebut antara lain pengembangan Bandara Komodo untuk menunjang pariwisata, Bandara Kediri yang dinisiasi oleh Group Gudang Garam menggunakan skema KPBU Unsolicited, dan Bandara Singkawang yang dibangun untuk memenuhi demand yang terus meningkat.

Selain itu, proyek lainnya adalah Pelabuhan Ambon Baru dengan konsep pelabuhan multipurpose terintegrasi dan proyek Pelabuhan Palembang Baru yang akan dikembangkan berbagai fasilitas untuk pelayanan peti kemas, serta curah cair dan kering. I

 

Kirim Komentar

Bagikan Artikel