KEMENPAREKRAF APRESIASI KEBERHASILAN 15 PESERTA INDONESIA RAIH PENGHARGAAN AJANG WCOPA 2022

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) mengapresiasi 15 peserta Indonesia yang meraih penghargaan di ajang olimpiade seni tingkat dunia atau World Championship of Performing Arts (WCOPA) dengan perolehan 15 emas, 20 perak, tujuh perunggu, 13 overall winner, dan 11 medali semifinal.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menyatakan, kompetisi yang digelar mulai 21-30 Juli 2022 diikuti oleh lebih dari 30 negara termasuk tim Indonesia.

Indonesia menyertakan sebanyak 15 peserta, termasuk Arsy Hermansyah, anak pasangan Anang Hermansyah dan Ashanty sebagai peserta termuda di kategori vocal dan sukses menyumbang medali, serta penghargaan terbanyak pada kejuaraan tersebut.

“Ini saya super bangga, karena tim Indonesia di WCOPA 2022 menunjukkan prestasi yang luar biasa. Atas nama pemerintah khususnya Kemenparekraf saya ucapkan selamat, beribu terima kasih kepada 15 peserta yang sudah mengharumkan nama Indonesia di kancah dunia di WCOPA 2022,” ujarnya dalam Weekly Press Briefing di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Senin (15/8/2022).

Menurut Sandiaga, prestasi yang diraih putra-putri Indonesia ini menunjukkan bahwa banyak generasi muda dengan bakat cemerlang yang mampu membawa dan memperkenalkan industri kreatif Indonesia, terutama di bidang seni panggung dan peran ke dunia internasional.

“Tentunya kita berharap melalui generasi muda ini, industri kreatif Indonesia semakin berkembang dan mendapatkan dukungan baik dari pemerintah maupun swasta,” katanya.

Sementara itu, National Director WCOPA 2022 Feibe Pusung, menuturkan, pihaknya akan terus berjuang untuk memperlihatkan talenta muda Indonesia yang berpotensi di bidang seni panggung dan peran di kancah internasional.

“Olimpiade itu bukan hanya ada olahraga, tapi juga ada olimpiade seni pertunjukan yaitu WCOPA yang diadakan di Amerika Serikat. Kami ingin perjuangan kami sejak tahun 2015 sampai 2022 dilihat hasilnya, kami ingin sekali memperlihatkan banyak sekali talenta dan potensi Indonesia di bidang performing art,” ungkapnya.

Baca Juga:  KEMENPAREKRAF GANDENG VFS GLOBAL DAN ILG KERJA SAMA PERLUAS INFORMASI PAREKRAF INDONESIA

Perwakilan orang tua peserta WCOPA 2022 Anang Hermansyah berharap semakin besarnya dukungan pemerintah Indonesia bagi generasi muda untuk bisa menunjukkan bakatnya di kancah internasional.

“Pastinya pada hari ini kita bangga semua, tim yang berangkat bisa diterima oleh pemerintah, ini apresiasi yang diharapkan, ini sudah dibuktikan lagi bahwa talenta Indonesia ini tarafnya sudah internasional. Harapannya lintas kementerian dapat support yang lebih jauh untuk hal-hal seperti ini,” ujarnya. I

Kirim Komentar