Kemenparekraf Dorong ASEAN Plus Three Perkuat Tiga Kerja Sama Utama Bidang Pariwisata

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mendorong ASEAN Plus Three memperkuat tiga kerja sama utama dalam mengembangkan pariwisata.

ASEAN Plus Three merupakan sebuah bentuk kerja sama ekonomi yang diikuti oleh seluruh negara anggota ASEAN bersama dengan tiga negara di kawasan Asia Timur Laut, yaitu Jepang, Korea Selatan dan Tiongkok.

“ASEAN Plus Three, Korea Selatan, Jepang, dan China ini di ASEAN Utara menyumbang total hampir 20%. Tapi ini masih belum optimal dibandingkan sebelum pandemi, jadi kita mendorong tiga kerja sama utama,” kata Sandiaga di Landmark Mekong Riverside Hotel, Vientiane, Laos.

Dia menjelaskan, kerja sama yang didorong adalah capacity building atau peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) pariwisata Indonesia.

Kedua, peningkatan konektivitas, sehingga dengan adanya peningkatan konektivitas berupa penerbangan langsung ini menjadi stimulus besar bagi kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia.

“Jadi kita temanya Connecting the Connectivitys, menyambungkan dari tiga negara ini ke destinasi wisata di ASEAN, terutama di Indonesia. Agar, bukan hanya Bali dan Jakarta, kita juga mendorong Batam, karena sekarang Batam ada penerbangan dari Kuching, ada juga dari Korea,” jelasnya.

Ketiga, Menparekraf mendorong kerja sama pada program sustainable tourism dengan program desa wisata.

“Ini yang menjadi program unggulan kita, kita harapkan di ASEAN plus Three ini akan mampu mewujudkan 2024 yang pulihnya lebih cepat. Saya punya mimpi besar, di akhir 2024, kita tidak perlu menunggu 2025, target wisatawan pra pandeminya bisa tercapai,” tuturnya. I

Kirim Komentar
Baca Juga:  DESTINASI EKOWISATA PILIHAN DI BATAM PERCEPAT KEBANGKITAN EKONOMI