KEMENPAREKRAF DORONG PELAKU EKRAF MAKSIMALKAN PLATFORM DIGITAL PASARKAN PRODUK

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) mendorong pelaku ekonomi kreatif (ekraf) memaksimalkan penggunaan platform digital dalam melakukan promosi dan penjualan, sehingga dapat menjangkau pasar yang lebih luas.

Menurut Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno, saat ini banyak platform digital atau media sosial yang mampu mendorong produk pelaku ekraf dan UMKM naik kelas, di antaranya TikTok.

“Ambil peluang dan manfaatkan platform digital yang sudah tersedia untuk meningkatkan kesejahteraan,” katanya saat Grand Opening House of TikTokers by DCT Agency di Digital Hub BSD City, Tangerang, Jumat (27/1/2023).

Mengacu laporan Hootsuite (We are Social) per Februari 2022, setiap orang di Indonesia menggunakan internet dengan waktu rata-rata selama delapan jam 36 menit per hari dan menggunakan media sosial selama tiga jam 17 menit.

Hal ini menjadi potensi bagi pemilik produk/pelaku UMKM dalam mengomunikasikan produk melalui bantuan dan amplifikasi content creator.

Indonesia adalah negara pengguna TikTok terbesar kedua di dunia. ByteDance menyatakan bahwa TikTok memiliki 92,07 juta pengguna berusia 18 tahun ke atas di Indonesia pada awal tahun 2022.

Sandiaga mengapresiasi TikTok yang awalnya hanya dikenal sebagai platform yang menghadirkan ruang berekspresi, tapi kini bertransformasi sebagai aplikasi terbesar di dunia mengalahkan Google dan Meta.

“Menurut laporan survei Populix berjudul The Social Commerce Landscape in Indonesia, sebanyak 45% responden menggunakan TikTok Shop dalam berbelanja dibandingkan dengan WhatsApp, Instagram Shopping dan Facebook Marketing,” jelasnya.

Tren Social Commerce diramalkan akan semakin menanjak pada tahun 2023 mengalahkan e-commerce konvensional, pengguna internet akan semakin sering menggunakan platform sosial media, termasuk TikTok Shop ini untuk berbelanja.

Baca Juga:  DIBUKA PENDAFTARAN BALON KETUA KADIN KOTA SERANG PERIODE 2023-2028

Sandiaga pun mendorong agar pelaku ekraf dapat menciptakan konten-konten yang unik dan menarik untuk ikut mempromosikan produk ekraf dan UMKM miliknya.

“Para pelaku UMKM manfaatkan fitur-fitur menarik untuk bisa memasarkan produknya di TikTok, seperti TikTok shop. Bahkan, TikTok banyak mengubah dan scale up usaha para pelaku UMKM melalui live TikTok,” ungkapnya.

Menparekraf juga mendorong agar para content creator dapat menciptakan konten-konten yang unik dan menarik dan turut serta mempromosikan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di daerahnya dalam rangka mendukung target 1,4 miliar pergerakan wisatawan domestik di tahun 2023.

“Pasar industri content creator di Indonesia diperkirakan dapat mencapai Rp4 triliun hingga Rp7 triliun. Nilainya akan meningkat lima kali lipat pada tahun 2027,” jelasnya.

Kepada Digital Hub, ini merupakan satu bentuk nyata dari karya anak bangsa yang patut digaungkan secara nasional dan internasional.

“Kami dari Kemenparekraf siap berkolaborasi yang lebih konkret dengan Digital Hub dalam memajukan ekosistem ini, juga termasuk bersama menyambut investor di sektor parekraf,” tutur Sandiaga. I

 

 

Kirim Komentar