KEMENPAREKRAF DUKUNG IDEAFEST 2022 PERKUAT PERTUMBUHAN INDUSTRI KREATIF

Menparekraf/Kabaparekraf Sandiaga Salahuddin Uno didampingi oleh Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif Kemenparekraf Muhammad Neil El Himam dan Chief Marketing Officer Samara Group Desy Bachir dalam "The Weekly Brief With Sandi Uno" di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Senin (21/11/2022). (dok. kemenparekraf.go.id)
Bagikan Artikel

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) mendukung pelaksanaan IdeaFest 2022, festival akbar tahunan yang bertujuan menghubungkan dan mempertemukan komunitas kreatif dengan para tokoh kreatif inspiratif dan berpengaruh.

Menurut Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif Kemenparekraf/Baparekraf Muhammad Neil El Himam, diharapkan kian memacu semangat pertumbuhan industri kreatif Indonesia melalui partisipasi dan kolaborasi para pelaku industri kreatif tanah air.

“Dalam IdeaFest 2022 ada sejumlah topik yang dibahas yang salah satunya adalah PP Nomor 24 Tahun 2022 tentang Ekonomi Kreatif terkait dengan  pembiayaan berbasis hak kekayaan intelektual (HKI) atau IP Base Financing.,” katanya dalam kegiatan The Weekly Brief With Sandi Uno yang berlangsung secara hybrid di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Senin (21/11/2022) sore.

Neil menjelaskan, akan ada beberapa pembicara terkait dengan hal tersebut, yang lain juga ada beberapa nanti event base program yang akan dilakukan oleh teman-teman dari IdeaFest 2022.

Chief Marketing Officer Samara Group Desy Bachir menuturkan, IdeaFest 2022 hadir kembali secara luring setelah sebelumnya terdampak akibat pandemi Covid-19.

Pada tahun ini, dalam event yang akan berlangsung pada 24-27 November di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta, itu juga akan menyuguhkan berbagai hal yang berbeda. Tahun ini, IdeaFest bekerja sama dengan banyak sekali program partner.

“Biasanya kalau IdeaFest itu kami ada pilar-pilar yang kami laksanakan sendiri, tapi kali ini kami banyak yang langsung menyerahkan ke community partner, seperti komedi festival dengan Majelis Lucu Indonesia,” ungkap Desy.

Setiap tahunnya, IdeaFest juga selalu menghadirkan pembicara-pembicara global.

Pada tahun ini, IdeaFest secara khusus akan menghadirkan Takashi Murakami, seniman kontemporer asal Jepang yang telah berkolaborasi dengan brand fashion high-end, seperti Marc Jacobs dan Louis Vuitton dan telah memiliki berbagai karya seni yang bervariasi, seperti lukisan tradisional Jepang, manga, anime, patung, instalasi, dan film berciri khas atau dikenal sengan Superflat.

Kehadiran Murakami diharapkan dapat memberikan ruang bagi pengunjung untuk berinteraksi dan membangun koneksi yang luas secara lokal maupun global. Menariknya, IdeaFest menyajikan proyek Clone X-X Murakami yang juga berkolaborasi dengan RTFKT sebagai MetaHuman IdeaFest 2022.

“Jadi untuk pertama kalinya, yang beda dari sebelumnya, kami hadirkan host berupa meta human, namanya Drea dan Droid karya Takashi Murakami. Mungkin kami adalah yang pertama menghadirkan meta human host di Indonesia,” ungkap Desy.

IdeaFest juga menawarkan ratusan sesi Talks and Conference dengan tema beragam seperti tren NFT, kesenian, gaya hidup sustainable, kuliner, dan juga musik.

Menghadirkan lebih dari 180 pembicara, seperti Cinta Laura, Maudy Ayunda, Manoj Punjabi, Hamish Daud, Dipha Barus, Iyas Lawrence, Fellexandro Ruby, Afutami, dan masih banyak pembicara inspiratif lainnya.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengapresiasi dan mendukung IdeaFest 2022.

Kali ini memilih tema Reality Re:defined dengan mengusung semangat pertumbuhan industri kreatif Indonesia melalui partisipasi dan kolaborasi dari seluruh lapisan pelaku industri kreatif tanah air.

Para pelaku industri diajak untuk kembali re:connected, re:introduced, re:established, re:live, dan re:create.

Harapan ke depan IdeaFest 2022 dapat menjadi wadah bagi para komunitas, merek, serta pelaku industri kreatif lainnya untuk terus mengembangkan karya-karya dan inovasi terbaik mereka. I

 

Kirim Komentar

Bagikan Artikel