KEMENPAREKRAF TINGKATKAN KEMAMPUAN PEMASARAN ONLINE UMKM DI BROMO-TENGGER-SEMERU

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) menyelenggarakan Pelatihan Pemasaran Online bagi pelaku usaha pariwisata dan ekonomi kreatif di Destinasi Pariwisata Prioritas (DPP) Bromo-Tengger-Semeru (BTS).

Pelatihan tersebut untuk memperkuat kapabilitas para pelaku usaha dalam memasarkan produk secara daring, sehingga dapat meningkatkan kualitas produk dan menjangkau pasar yang lebih luas.

Pelatihan berlangsung di dua lokasi yakni Hotel Savana Malang pada 15 Februari  2023 dan Hotel Atria Malang pada 17 Februari 2023 dengan diikuti oleh sebanyak 200 peserta, yang terdiri dari para pelaku usaha atau bisnis parekraf, seperti objek wisata, restoran, kuliner oleh-oleh, dan industri kreatif lainnya.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan, kegiatan ini diharapkan dapat mendorong peningkatan kemampuan sumber daya manusia di era Society 5.0, sekaligus mendorong pemulihan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

“Kita harus fokus pada penyiapan masyarakat yang aware dengan perkembangan, peningkatan usaha lokal pengguna layanan online dan upaya mendapatkan ratingnya sehingga mampu berkontribusi besar dalam mendorong kebangkitan ekonomi dan terbukanya lapangan kerja,” katanya, Minggu (19/2/2023).

Deputi Bidang Sumber Daya dan Kelembagaan Kemenparekraf/Baparekraf, Diah Martini Paham menjelaskan, pelatihan ini merupakan bagian dari Program Pembangunan Pariwisata Terintegrasi dan Berkelanjutan (P3TB) bagi para pelaku usaha pariwisata dan ekonomi kreatif di destinasi pariwisata prioritas.

Program tersebut khususnya unutk pelaku usaha dalam melakukan inovasi dengan memanfaatkan platform digital agar mampu bersaing di pasar internasional.

“Kemenparekraf berupaya memberikan dukungan kepada para pelaku parekraf yang mulai kembali bangkit ini agar mampu mengoptimalkan teknologi digital dalam mengomunikasikan produk dan layanan yang disediakan bagi pasar,” jelasnya.

Baca Juga:  DESA WISATA KUBAH BASIRIH POTENSIAL KEMBANGKAN WISATA RELIGI

Peningkatan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia menjadi harapan dan peluang bagi pelaku usaha untuk segera bergerak cepat dalam menjangkau permintaan pasar yang mulai muncul kembali pascapandemi.

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat jumlah kunjungan wisatawan mancanegara di sepanjang tahun 2022 mencapai 5,47 juta orang. Jumlah ini melebihi target yang ditetapkan pemerintah sebesar 3,6 juta orang.

Diah menuturkan, melalui pelatihan ini diharapkan pelaku usaha dapat meningkatkan kualitas layanan usaha.

“Karena tentunya pascapandemi persepsi wisatawan akan mengalami pergeseran tren wisata, terutama perhatian dalam hal kebersihan, kesehatan, keamanan, dan kelestarian lingkungan atau CHSE yang semakin meningkat,” ujarnya.

Direktur Pengembangan SDM Pariwisata Kemenparekraf/Baparekraf, Florida Pardosi menambahkan, dalam pelatihan para peserta mendapatkan berbagai materi, yakni mencakup digital mindset, digital toolset dan digital skillset dengan metode penyampaian secara teori dan praktik terkait cara pendaftaran di platform online, yaitu salah satunya adalah Tripadvisor.

“Pelatihan ini dikembangkan agar dapat membekali peserta dengan pengetahuan dan keterampilan sehingga memiliki kapasitas dalam memasarkan usahanya dengan memanfaatkan teknologi digital,” tutur Florida.

Setelah mengikuti pelatihan, para pelaku usaha juga akan diberikan pendampingan dan monitoring agar usaha yang telah terdaftar dan terverifikasi di platform online dapat dimanfaatkan secara maksimal untuk menjangkau pasar.

Florida mengungkapkan, pelatihan pemasaran online P3TB akan menjangkau para pelaku usaha yang ada di enam DPP, yakni Danau Toba, BYP (Borobudur-Yogyakarta-Prambanan), Lombok, Labuan Bajo, BTS (Bromo-Tengger-Semeru), dan Wakatobi berjumlah total 4.119 orang yang usahanya belum terdaftar pada platform digital. I

 

Kirim Komentar