Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menggandeng para pelaku usaha untuk turut berpartisipasi dalam Bazar Ramadan yang bertujuan untuk menyediakan kebutuhan Lebaran bagi para pegawai dan masyarakat sekitar.
Bazar ini juga merupakan ajang promosi produk – produk industri dalam negeri, khususnya produk industri agro yang secara umum berkinerja baik.
Menurut Wakil Menteri Perindustrian (Wamenperin) Faisol Riza, berbagai upaya strategis terus diupayakan antara lain dengan penjaminan pasokan bahan baku industri melalui neraca komoditas.
“Hal ini merupakan tekad pemerintah sebagaimana perintah Bapak Presiden untuk menjamin dan menjaga ketersediaan bahan pangan pokok selama hari besar keagamaan nasional,” katanya pada pembukaan Bazar Ramadan di Jakarta, Selasa (18/3/2025).
Untuk membantu masyarakat mendapatkan barang kebutuhan pokok dengan harga yang terjangkau dalam menyambut Lebaran, Kemenperin rutin setiap tahunnya menggelar Bazar Ramadan.
Kegiatan ini juga bisa dimanfaatkan para pengusaha untuk berpromosi terhadap produk – produk unggulannya.
“Bazar Ramadan ini merupakan bentuk kepedulian dan wujud partisipasi Kemenperin bersama pelaku industri,” ujar Wamenperin Faisol.
Tahun lalu, total transaksi Bazar Ramadan yang diikuti sebanyak 80 perusahaan, termasuk sektor Industri Kecil dan Menengah (IKM) dengan mencapai Rp1 miliar.
Pada bazar tahun ini, peserta yang terlibat meningkat mencapai 93 perusahaan dan diharapkan terjadi juga peningkatan total nilai transaksi.
Bazar Ramadan dilaksanakan di pembukaan Bazar Ramadan di Jakartaselama empat hari, yakni pada 18 – 21 Maret 2025.
Produk – produk yang tersedia di dalam bazar antara lain minyak goreng, gula, biskuit, roti, produk kopi, susu, yoghurt, cokelat, es krim, minuman sari buah (juice), saos, dan mi instan.
Selain itu, produk olahan daging berupa sosis, bakso, kornet, frozen food, makanan siap saji, kertas, tisu, minyak atsiri, pet food, porcelain, batik, kerajinan kulit, buku, dan fesyen muslim.
“Produk makanan dan minuman permintaannya cukup tinggi menjelang Lebaran,” ungkap Wamenperin Faisol.
Salah satu produk yang juga cukup tinggi permintaannya pada bulan Ramadan dan menjelang Lebaran adalah minyak goreng.
Kemenperin telah mendorong produsen untuk memasok minyak goreng dua kali lipat dari pasokan pada bulan – bulan biasa untuk menjaga ketersediaan dan harga komoditas tersebut.
Pada gelaran Bazar Ramadan ini juga dijual minyak goreng dengan harga terjangkau sebanyak 4.000 liter produksi Sinarmas Group.
“Pada prinsipnya industri siap memasok dan pemerintah selalu mendorong upaya peningkatan kinerja industri. Terkait pelanggaran penyalahgunaan takaran Minyakita, sudah ditangani dan diharapkan ke depannya tidak akan terjadi lagi,” tutur Wamenperin Faisol.
Selain mengadakan bazar, Kemenperin juga menyalurkan wakaf 2.000 Al-Quran oleh APP Group yang nantinya akan dibagikan kepada masyarakat.
Di kesempatan yang sama, Wamenperin Faisol menambahkan, industri makanan dan minuman merupakan sektor strategis yang sangat penting dalam menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia.
Terbukti dari kontribusi sektor industri mamin pada tahun 2024 sebesar 40,31% terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) industri nonmigas dan 6,92% terhadap PDB nasional.
Selama tahun 2024, industri makanan dan minuman membukukan nilai ekspor sebesar US$41,45 miliar dengan neraca dagang positif sebesar US$24,37 miliar.
Investasi sektor industri makanan dan minuman masih diminati investor dengan perkembangan realisasi investasi sebesar Rp110,57 triliun. I