KEMENTERIAN PUPR BENAHI DELAPAN VENUE ASEAN PARA GAMES 2022

Kawasan Stadion Manahan Solo, Jawa Tengah dengan lapangan tenis yang tersedia menjadi salah satu lokasi pelaksanaan ASEAN Para Games 2022. (dok. indonesia)
Bagikan Artikel

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah membenahi sarana dan prasarana pendukung pelaksanaan ASEAN Para Games 2022 yang berlangsung di Kota Surakarta atau Kota Solo, Jawa Tengah pada 30 Juli hingga 6 Agustus 2022.

Kedelapan venue masih dalam tahap renovasi adalah GOR Universitas Tunas Pembangunan (UTP), GOR Universitas Sebelas Maret (UNS), Stadion UNS, Stadion Sriwedari, Lapangan Kota Barat, Lapangan Tenis Manahan, GOR Fakultas Keolahragaan (FKOR) UNS, dan Tirtonadi Convention Hall.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan bahwa penyelesaian renovasi venue olahraga ASEAN Para Games dilaksanakan dengan cermat, mulai dari tahap desain, pembangunan, dan pengawasannya dengan tetap memperhatikan aspek keselamatan yang melibatkan pengawasan dari Komite Keselamatan Konstruksi (Komite K2).

“Diharapkan dengan selesainya venue tersebut akan menjadi kebanggaan seluruh masyarakat Indonesia dan dapat sebagai sarana mendorong prestasi para atlet, baik di kancah nasional maupun internasional,” katanya.

Renovasi venue ASEAN Para Games 2022 dilaksanakan secara serempak sejak tanggal kontrak 1 Juni 2022 dan ditargetkan selesai dalam waktu 45 hari kerja atau 15 Juli 2022.

Pembenahan venue ASEAN Para Games dilaksanakan oleh kontraktor PT Waskita Karya dan PT Virama Karya selaku Manajemen Konstruksi meliputi, renovasi tribun penonton dan VIP, jogging track, lapangan GOR, office, toilet difabel, pengecetan bangunan indoor dan outdoor, pemasangan scoring board, serta lighting FOP dan tribun.

Secara keseluruhan hingga 25 Juni 2022, progres penanganannya sudah mencapai 48,49%.

Sebelumnya, Kementerian PUPR melalui Balai Prasarana Permukiman Wilayah Jawa Tengah, Ditjen Cipta Karya telah menyelesaikan pembenahan Stadion Sriwedari melalui beberapa penambahan pekerjaan seperti penyempurnaan lapangan, sistem penyiraman, pencahayaan lapangan 800 Lux, renovasi ruang ganti atlet, penggantian lintasan atlet, dan penataan area kawasan.

Stadion Sriwedari merupakan salah satu stadion tertua di Indonesia yang menjadi stadion tempat dilangsungkannya Pekan Olahraga Nasional Ke-I pada 9 September 1946.

Di Kota Surakarta, Kementerian PUPR juga melakukan renovasi sejumlah lapangan sepakbola lainnya, seperti Lapangan Kota Barat, Sriwaru, dan Banyuanyar yang meliputi penyempurnaan lapangan, sistem penyiraman, lampu lapangan, renovasi ruang ganti atlet, dan penataan area kawasan.

Selain itu, juga telah diselesaikan pembenahan Stadion Olahraga Mini Surakarta yang berada di wilayah Kelurahan Nusukan, Kecamatan Banjarsari dan renovasi besar Stadion Manahan yang sudah diresmikan Presiden Joko Widodo pada 15 Februari 2020. I

 

 


Bagikan Artikel

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here