KESELAMATAN MENJADI ASPEK UTAMA DALAM PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR TRANSPORTASI

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. (Istimewa)
Bagikan Artikel

Aspek keselamatan menjadi aspek utama dalam setiap pembangunan infrastruktur transportasi dan setiap orang yang bekerja di sektor transportasi harus memiliki etos kerja yang mengutamakan keselamatan.

Menurut Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, kelalaian yang disebabkan faktor manusia (human error) tidak akan terjadi kalau dalam melaksanakan pekerjaannya memiliki etos kerja yang mengutamakan keselamatan.

“Oleh karena  itu, semangat atau spirit pekerjaan di bidang transportasi adalah mengutamakan aspek keselamatan dalam melayani masyarakat. Jadi etos kerja yang mengutamakan keselamatan harus dikerjakan. Sekali lagi, harus dikerjakan,” ujarnya kegiatan Simulasi Perbaikan Prosedur Standar Operasi/Standard Operating Procedure (SOP) atau Tabletop Exercise SOP pelaksanaan uji coba LRT Jabodebek yang diselenggarakan Ditjen Perkeretaapian Kemenhub, Sabtu (30/10/2021).

Simulasi yang dilakukan di Kantor Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Jakarta ini dilakukan untuk mengevaluasi dan memperbaiki SOP guna mencegah hal-hal yang tidak diinginkan kembali terjadi.

Menhub menjelaskan, kejadian kecelakaan LRT Jabodebek pada saat melakukan uji coba pada 25 Oktober 2021 menjadi pelajaran yang mahal dan menjadi momentum seluruh unsur terkait untuk melakukan evaluasi dan memperbaiki tata kerja, baik dari aspek SDM maupun SOP.

Dari aspek Sumber Daya Manusia (SDM), Menhub menekankan tentang perlunya semua pihak untuk meningkatkan kualitas SDM dan melakukan evaluasi kembali terkait proses rekrutmen dan pelatihan.

“Kita harus menjaga kepercayaan masyarakat dan juga Presiden Joko Widodo yang telah memberikan kepercayaan kepada kita untuk membangun infrastruktur karya anak bangsa yang menjadi salah satu proyek strategis nasional kebanggaan Indonesia,” jelasnya.

Sementara itu, Dirjen Perkeretaapian Kemenhub Zulfikri mengatakan, pihaknya telah melakukan analisis sementara terkait kejadian kecelakaan LRT Jabodebek pada saat PT INKA melakukan uji coba/commissioning test.

Selain itu, dia menambahkan, pihaknya secara pararel bersama KNKT untuk melakukan investigasi mengenai penyebab kecelakaan serta melakukan evaluasi dan peningkatan kembali terhadap pelaksanaan SOP uji coba sarana sebagai langkah mitigasi resiko ke depan.

“Dalam pelaksanaan Table Top Exercise ini, dilakukan sejumlah simulasi yakni: simulasi evakuasi sarana yang terdampak kecelakaan dan simulasi komunikasi untuk kegiatan pengujian dan langsiran sarana,” ungkapnya. I


Bagikan Artikel

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here