TIGA DESA WISATA WAKILI INDONESIA DI “UNWTO BEST TOURISM VILLAGES 2021”

Desa Wae Rebo di Manggarai, Nusa Tenggara Timur. (Istimewa)
Bagikan Artikel

Sebanyak tiga desa wisata di Indonesia terpilih untuk mewakili Indonesia dalam ajang UNWTO Best Tourism Villages 2021.

Ketiga desa wisata itu adalah Desa Wisata Nglanggeran di Gunung Kidul, D.I. Yogyakarta, Desa Wisata Tetebatu di Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat, dan Desa Wae Rebo di Manggarai, Nusa Tenggara Timur.

Menurut Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno, saat ini banyak desa-desa di Indonesia yang terus mengembangkan potensi  alam dan budaya mereka, yang kental dengan kearifan lokal.

“Hal itu membuat desa wisata yang dibangun dari hasil swadaya masyarakat sangatlah diminati wisatawan, karena desa wisata dinilai lebih personalize, customize, localize, dan smaller in size,” ujarnya dalam keterangan di Jakarta, Minggu (1/11/2021).

Bahkan, lanjut Sandiaga, beberapa dari desa wisata di Indonesia sudah menyabet predikat 50 desa wisata terbaik di Indonesia dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021.

“Ketiga desa ini siap beradu keindahan dengan desa wisata di berbagai belahan dunia,” jelasnya.

Saingannya pun cukup berat dan sudah terkenal secara global, antara lain Murcia (Cehegin), Spanyol; Alonissos, Westerb Samos, dan Soufli yang mewakili Yunani, serta desa wisata dari Asia Tenggara, seperti dari Vietnam, Filipina, Thailand, Malaysia, dan Kamboja.

“Mudah-mudahan ini menjadi langkah kita bersama dalam menjadikan desa wisata di Indonesia sebagai pariwisata berkelas dunia, berdaya saing, berkelanjutan, dan mampu mendorong pembangunan daerah dan kesejahteraan masyarakat,” tuturnya.

Lomba desa wisata bertaraf internasional ini tentunya memberikan kebanggaan tersendiri untuk bangsa Indonesia, sekaligus sebagai salah satu upaya mempromosikan pariwisata Indonesia di kancah global.

Untuk itu, Sandiaga mengajak wisatawan menelusuri keunggulan dari ketiga desa wisata tersebut. Dia mencontohkan Desa Wisata Nglanggeran di Kecamatan Patuk, Gunung Kidul, D.I. Yogyakarta.

Lokasi tepatnya di kawasan Gunung Api Purba menjadi daya tarik terbesar dari desa wisata ini. Gunung Api Purba bagian dari Geopark Gunung Sewu (geopark yang diakui oleh dunia).

Mengenai Desa Wisata Tetebatu menjadi magnet pemikat bagi para wisatawan nusantara maupun mancanegara untuk mengunjungi kawasan yang berada lembah Gunung Rinjani ini.

Dari Desa Wisata Tetebatu wisatawan bisa melihat pemandangan Gunung Sangkareang dan Gunung Rinjani, juga ada air terjun Sarang Walet atau Bat Cave dan air terjun Kokok Duren.

Desa wisata lainnya adalah Wae Rebo, sebuah desa adat terpencil dan misterius di Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur. Terletak di ketinggian 1.200 m di atas permukaan laut dengan hanya ada tujuh rumah utama atau yang disebut sebagai Mbaru Niang. I


Bagikan Artikel

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here