KESIAPAN REST AREA JELANG PUNCAK ARUS MUDIK LEBARAN 2022

Rest Area KM 57 Jalan Tol Jakarta-Cikampek. (Istimewa)
Bagikan Artikel

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono bersama dengan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, dan Menko PMK Muhadjir Effendy meninjau kesiapan tempat peristirahatan pemudik di Rest Area KM 57 Tol Jakarta-Cikampek.

Pemerintah memprediksi puncak arus mudik akan terjadi mulai H-4 Lebaran atau 28 April 2022 dan diperkirakan jumlah pemudik pada 2022 di atas 80 juta jiwa.

Untuk itu, Presiden Joko Widodo mengimbau agar masyarakat yang memiliki kesempatan untuk dapat mudik lebih awal.

Dalam rangka mengurai kemacetan arus mudik 2022 pemerintah melakukan beberapa rekayasa lalu lintas berupa pengaturan ganjil genap, contra flow dan one way ke arah Timur Pulau Jawa yang dimulai pukul 17.00 WIB-24.00 WIB.

Selain itu, pemerintah juga meminta pemudik untuk tidak hanya fokus di jalan tol atau Pantai Utara Jawa (Pantura).

Menteri Basuki mengatakan, Kementerian PUPR telah menyiapkan Jalur Pantai Selatan (Pansela) sebagai salah satu alternatif jalur mudik.

“Selain Pantura dan jalan tol ada Pansela sepanjang 1.292 km dengan kondisi bagu, instagramable dan kulinerable,” kata Menteri Basuki saat peninjauan, Selasa (26/4/2022).

Sementara itu, Kapolri Listyo Sigit Prabowo menjelaskan selain mempersiapkan rekayasa lalu lintas, Polri juga menyiapkan pos pengamanan, pos pelayanan dan pos terpadu yang bisa dimanfaatkan masyarakat untuk beristirahat dan buka puasa.

“Kami tidak ingin masyarakat cepat sampai tujuan dengan memaksakan memgendarai kendaraan tanpa ada istirahat karena ini berbahaya. Kami berupaya menekan angka kecelakaan seminim mungkin,” jelasnya.

Untuk mencegah lonjakan kasus Covid-19, disipakan gerai-gerai vaksin di beragai pos pelayanan.

“Bagi masyarakat yang belum vaksin booster bisa manfaatkan gerai ini, sehingga ketika bertemu keluarga kita sama-sama memiliki imunitas,” kata Kapolri.

Dalam kesmepatan itu, Menhub Budi Karya Sumadi mengapresiasi sejumlah rekayasa yang akan dilakukan guna mengurai potensi kemacetan arus mudik.

“Ini harus kita lakukan secara konsisten, saya yakin bisa dilaksanakan dengan baik,” unkapnya.

Dalam tinjauan di Rest Area KM 57 Jakarta-Cikampek, Menteri  Basuki bersama Kapolri, Menhub dan Menko PMK juga meninjau kesiapan pengamanan mudik Lebaran 2022, seperti stok Bahan Bakar Minyak (BBM), gerai vaksin dan koordinasi rekayasa lalu lintas. I

 

 

Kirim Komentar

Bagikan Artikel