KHARISMA EVENT NUSANTARA BANGKITKAN EVENT DAERAH

Menparekraf/Kabaparekraf Sandiaga Salahuddin Uno di KEN. (Istimewa)
Bagikan Artikel

Kharisma Event Nusantara (KEN) yang merupakan strategi kolaborasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) dengan pemerintah daerah (pemda) membangkitkan geliat event di daerah.

Menurut Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno, strategi tersebut melalui penyelenggaraan event yang berkualitas.

“KEN 2022 adalah wadah kumpulan event berkualitas dari seluruh Indonesia. Kami bangga sekarang kita menancapkan tongkat penting dan harapan baru bagi kebangkitan industri event Tanah Air, sekaligus juga mendukung keinginan Indonesia sebagai destinasi event,” ujarnya saat peluncuran “Kharisma Event Nusantara 2022” di Jakarta, Selasa (1/3/2022).

Sandiaga menuturkan, KEN 2022 bertujuan untuk mempromosikan destinasi pariwisata, meningkatkan kunjungan wisatawan, memberdayakan potensi lokal, serta memberikan dampak positif terhadap ekonomi, sosial budaya, dan lingkungan dengan prinsip berkelanjutan.

Seperti yang telah di lakukan di tahun 2021, KEN 2022 diawali dengan proses kurasi. Setiap tahapan kurasi bertujuan untuk menyaring dan mendapatkan event yang berkualitas, sehingga bentuk pendukungan yang diberikan pada penyelenggara event dapat lebih jelas dan terukur.

Ada lima aspek utama dalam pemilihan KEN 2022, yakni aspek ide dan potensi inovasi, kemudian aspek pengembangan ekonomi kreatif, lalu aspek event management, aspek seni pertunjukan dan budaya, serta aspek strategi komunikasi dan media.

Pada tahun 2022, Kemenparekraf menerima 319 usulan event dari 34 provinsi. Jumlah ini meningkat 17 event dibandingkan dengan tahun 2021 sebanyak 302 usulan event. Kemudian usulan event ini dikurasi pada tahap I dan tahap II.

Lalu diperoleh 171 event yang layak untuk presentasi di depan para curator dan pada akhirnya terpilih 110 KEN 2022 yang terdiri dari Top 10 KEN dan 100 Event KEN 2022 dari 34 provinsi di Indonesia.

“Kemenparekraf siap membantu dalam program pendampingan, monitoring, konsultasi, dalam upaya event-event berkualitas pada saat penyelenggara ini bisa naik kelas,” kata Sandiaga. I

 

 


Bagikan Artikel

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here