Letjen TNI Ganip Warsito Serahkan Komando Penanggulangan Bencana Indonesia Kepada Mayjen TNI Suharyanto

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang baru Mayjen TNI Suharyanto. (Istimewa)
Bagikan Artikel

Letjen TNI Ganip Warsito secara resmi menyerahkan tongkat komando penanggulangan bencana nasional kepada Mayjen TNI Suharyanto dalam upacara serah terima jabatan (sertijab) Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) di Graha BNPB, Jakarta, Rabu (17/11/2021).

Serah terima jabatan tersebut dilakukan usai Presiden Joko Widodo melantik Mayjen TNI Suharyanto menjadi Kepala BNPB di Istana Negara, pada Rabu (17/11/2021), menggantikan Letjen TNI Ganip Warsito yang sebentar lagi akan memasuki masa purna tugas.

Atas pelantikan tersebut, maka Mayjen TNI Suharyanto menjadi Kepala BNPB ke-5 dari yang sebelumnya menjabat yakni mulai dari Mayor Jenderal TNI (Purn.) Syamsul Maarif, Laksamana Muda TNI (Purn.) Williem Rapangilei, Letjen TNI (Purn.) Doni Monardo, dan Letjen TNI Ganip Warsito.

Dalam acara sertijab tersebut, Letjen TNI Ganip Warsito memberikan selamat sekaligus dukungan penuh kepada Mayjen TNI Suharyanto. Menurut Ganip, keputusan Presiden Joko Widodo melantik lulusan Akademi Militer angkatan 1989 itu sebagai nahkoda baru dalam penanggulangan bencana di Indonesia adalah sangat tepat.

Ganip menilai sosok Mayjen TNI Suharyanto memiliki kapasitas dan segudang prestasi yang dapat mendukung penanganan bencana di Tanah Air sesuai Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2007.

Pada kesempatan itu, Mayjen TNI Suharyanto mengungkapkan bahwa menggantikan posisi Letjen TNI Ganip Warsito sebagai Kepala BNPB tentunya tidak mudah.

Suharyanto menilai sosok Ganip Warsito adalah jenderal senior yang selalu menolong juniornya untuk dapat naik ke jenjang yang lebih tinggi.

Melalui pelantikan dan sertijab yang telah dilaksanakan ini, Suharyanto sekaligus memohon dukungan dari seluruh pihak, khususnya keluarga BNPB agar penanggulangan bencana di Tanah Air dapat lebih maksimal dan membawa perubahan menjadi lebih baik lagi.

Sebelum didaulat Presiden sebagai Kepala BNPB yang baru, Letjen TNI Suharyanto sebelumnya memangku jabatan sebagai Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) V Brawijaya.

Karir militer pria kelahiran Cimahi 8 September 1967 itu diawali dari Akmil (1989) kecabangan infanteri, Sesarcabif, Diklapa I, Diklapa II, Seskoad, Susdanyon, Susdandim, Sesko TNI, dan Lemhanas. I


Bagikan Artikel

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here