MENPAREKRAF DAN MANAGING DIRECTOR IMF TINJAU PRODUK EKRAF LOKAL DI SARINAH

Menparekraf/Kbaparekraf Sandiaga Salahuddin Uno dan Menteri BUMN Erick Tohir, serta Managing Director of International Monetary Fund (IMF) Kristalina Georgieva mencicipi jamu saat kunjungannya ke Sarinah, Jakarta, Minggu (17/7/2022). (dok. kemenparekraf.go.id)
Bagikan Artikel

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mendampingi Managing Director International Monetary Fund (IMF) Kristalina Georgieva untuk melihat ragam produk ekonomi kreatif tanah air yang dihadirkan di pusat perbelanjaan Sarinah, Jakarta, Minggu (17/7/2022).

Menurut Sandiaga, kehadiran Managing Director IMF ke Indonesia dalam rangka menghadiri acara G20 Finance Ministers and Central Bank Governors Meeting yang berlangsung pada 15-16 Juli 2022.

“Ini merupakan bentuk dukungan IMF terhadap Indonesia sebagai tuan rumah perhelatan KTT G20,” ujarnya di sela-sela kunjungan di Sarinah.

Sandiaga menjelaskan, sekitar 25 tahun yang lalu semua pihak menghadapi situasi yang betul-betul memprihatinkan.

“IMF hadir di sini bukan hanya dengan program dan kebijakan saja, tapi justru ingin belajar apa yang telah kita lakukan. Indonesia sudah dianggap ada dalam suatu pembangunan yang betul-betul membuka peluang usaha, terutama kepada UMKM dan lapangan kerja,” tuturnya.

Kehadiran wajah baru Sarinah yang sudah direvitalisasi tersebut siap menyambut kunjungan para tamu Negara, termasuk Managing Director IMF.

Terlebih lagi Sarinah kini tidak hanya dijadikan sebagai pusat perbelanjaan, tapi juga dilengkapi dengan ruang-ruang kreatif bagi para komunitas ekonomi kreatif.

Pada kesempatan itu, Sandiaga memperkenalkan salah satu produk kuliner yang menjadi unggulan ketika pandemi Covid-19 melanda, yakni jamu yang berkhasiat untuk menjaga daya tahan tubuh.

Selain jamu, Managing Director IMF juga melihat beragam kain tenun lokal Indonesia, aksesoris gelang, kalung, tas, hingga sepatu.

“Kebijakan kita untuk membantu masyarakat yang membutuhkan sangat diapresiasi dan kuncinya agar selalu bersatu padu. Indonesia dihargai dalam kepemimpinan menyatukan semua kekuatan di dunia untuk sama-sama memikirkan cara menciptakan perdamaian dunia,” jelasnya.

Managing Director IMF Kristalina Georgieva mengaku sudah 20 tahun tidak ke Indonesia da sangat senang bahwa Jakarta sudah bertransformasi menjadi kota yang lebih maju.

“Sarinah ini luar biasa, karena isi dari pusat perbelanjaan ini adalah produk UMKM lokal dengan bakat yang sangat menakjubkan,” katanya.

Kristalina mengungkapkan, terakhir kali dia datang ke Jakarta 20 tahun yang lalu dan Jakarta begitu memperlihatkan transformasi infrastruktur yang luar biasa dan lebih matang dari sebelumnya.

“Sarinah adalah tempat terbaik untuk menampilkan talenta-talenta ekonomi kreatif Indonesia. Jadi ini adalah hal yang sangat membanggakan. Ini bisa membawa budaya Indonesia untuk lebih dikenal dunia,” ungkapnya.

Sementara itu, Menteri BUMN Erick Tohir menyampaikan bahwa melalui Sarinah, UMKM bisa membuktikan diri mampu naik kelas.

“Beberapa waktu lalu, Presiden Joko Widodo mengatakan UMKM Indonesia seharusnya tidak dijual murah, mengingat proses pembuatannya yang sebagian besar handmade dan ini merupakan kreativitas anak bangsa yang harus diapresiasi,” katanya. I

 


Bagikan Artikel

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here