PEMERINTAH DORONG PERTUMBUHAN KENDARAAN LISTRIK

Pemerintah akan terus mendorong pertumbuhan kendaraan listrik di Indonesia dari hulu sampai hilir.

Hal tersebut disampaikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) seusai membuka membuka pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 di JIExpo Convention Center and Theater, Jakarta Pusat, Kamis (16/2/2023).

“Terus akan kita dorong ekosistem besar dari hulu sampai hilir untuk mobil listrik, terus akan kita dorong disambungkan dengan pembangunan industri-industri yang berkaitan dengan EV battery. Ini yang akan kita lakukan terus,” ujar Presiden.

Terkait dengan rancangan insentif untuk kendaraan listrik, Kepala Negara menambahkan, hal tersebut masih dikalkulasi oleh Kementerian Keuangan.

“Insentif kendaraan listrik masih dihitung terus oleh Kementerian Keuangan,  berapa yang pertama untuk mobilnya, berapa yang untuk motornya,” ungkap Presiden.

Insensif kendaraan listrik, lanjutnya, akan diprioritaskan untuk kendaraan roda dua.

“Namun, tentu saja yang didahulukan akan yang motornya terlebih dahulu. Wong tadi yang mobil-mobil listrik saya tanya, mengantrenya ada yang setahun. Mengantrenya sudah ada yang dua bulan, mengantrenya ada yang enam bulan. Inden, apalagi diberi insentif, tapi tetap dalam perhitungan dan kalkulasi nanti,” tutur Jokowi. I

 

 

Kirim Komentar
Baca Juga:  PEMERINTAH LUNCURKAN BURSA KARBON INDONESIA