PEMPROV BANTEN DORONG UMKM UNTUK PERTUMBUHAN EKONOMI

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten terus mendukung dan mendorong pembinaan terhadap para pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dalam upaya menumbuhkan ekonomi.

Penjabat Sekretaris Daerah (Pj Sekda) Provinsi Banten M. Tranggono menyatakan, pihaknya memiliki semangat untuk memajukan Provinsi Banten lebih baik dan berharap dengan munculnya UMKM kita dapat melewati kondisi kedepan dengan baik.

“Kita mengapresiasi peresmian gerai ini. Kita juga akan mendorong kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan pembinaan UMKM,” katanya usai meresmikan Gerai UMKM Nong Kih sebagai pusat oleh-oleh khas Banten di RM Dapoer Kemang, Kota Serang, Rabu (15/2/2023).

Menurut Tranggono, kegiatan tersebut merupakan salah satu upaya yang dilakukan dalam mendukung program Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI) dan Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI) yang beberapa waktu lalu telah dimulai.

“Kami apresiasi sekali kegiatan ini. Pemilik Dapoer Kemang Nong Kih ini bukan hanya membuka restoran tetapi juga melakukan pembinaan kepada pelaku UMKM. Ini akan membangkitkan perekonomian dan bisa juga membuka destinasi wisata baru,” ujarnya.

Tidak hanya itu, lanjut Tranggono, dengan ekosistem pengembangan wisata dan UMKM, tentunya hal itu dapat berdampak dalam pertumbuhan ekonomi dan pengendalian inflasi, serta hal lainnya.

“Kita punya semangat yang sama untuk memajukan Provinsi Banten lebih baik. Kita berharap dengan munculnya UMKM, seperti ini, kita dapat melewati ke depan itu dengan baik,” tuturnya.

Tranggono menuturkan, dalam melakukan pembinaan terhadap para pelaku UMKM dibutuhkannya peran semua pihak terkait, baik dari pemerintah daerah hingga para pemangku kepentingan lainnya.

“Di sini peran Pemerintah untuk dapat mengendalikannya, dan tentunya peran semua pihak,” jelasnya.

Sebagai informasi, terdapat sekitar 40 produk UMKM yang masuk dalam Gerai UMKM Nong Kih Dapoer Kemang.

Baca Juga:  DORONG PRODUK EKRAF OTOMOTIF TANAH AIR BERSAING DI DUNIA INTERNASIONAL

Pusat oleh-oleh Nong Kih Dapoer Kemang dan Produk UMKM Ekraf Kabupaten Serang juga telah bekerja sama dengan Dinas Kepemudaan, Olah Raga dan Pariwisata Kabupaten Serang.

Turut hadir pada kesempatan tersebut, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Banten Agus Mintono, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Banten Alhamidi, Kepala Dinas Kepemudaan, Olah Raga dan Pariwisata Kabupaten Serang Anas Dwi Satya Prasadya, Pj Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Provinsi Banten Tuchfah Tranggono, serta tamu undangan yang lainnya. I

 

 

Kirim Komentar