Petugas Bandara Bilorai Tetap Layani Pengguna Jasa Penerbangan

Kabandara Bilorai Sugapa Mustari Jamal beserta staf. (Istimewa)
Bagikan Artikel

Petugas di Bandar Udara (Bandara) Bilorai Sugapa, Kabupaten Intan Jaya selalu siap sedia mengoperasikan bandara tersebut, bahkan dengan keberadaan petugas yang putra daerah ikut memperlancar operasional penerbangan dari dan ke bandara yang ada di Provinsi Papua ini.

Rute penerbangan dari Bandara Nabire ke Bandara Bilorai Sugapa maupun dari Bandara Mozes Kilangin Timika menuju ke Bandara Bilorai Sugapa tetap berjalan sesuai dengan jadwal.

Perbaikan Bandara Bilorai usai terjadi gangguan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) beberapa waktu lalu juga sudah dilakukan, yakni dengan perbaikan gerbang terminal, perbaikan pagar bandara, renovasi apron bandara, dan perbaikan overlay landasan pacu (runway).

Kabandara Bilorai Sugapa Mustari Jamal menyatakan, pihaknya bersama dengan Plt Kepala Otoritas Bandara (Kaotban) Wilayah X Yudi Suyudi ada di Bandara Bilorai pada Jumat (25/3/2022) untuk berkomunikasi dan berkoordinasi mengenai operasional bandara ini usai peristiwa gangguan keamanan KKB dan selesainya perbaikan sejumlah fasilitas bandara.

“Bukannya tidak ada, tidak benar itu. Personil Bandara Bilorai ada di lapangan, seperti pengakuan para staf, ada lima orang putra daerah dan tiga orang pendatang,” ujarnya kepada Majalah BANDARA.

Jadi, Mustari mengungkapkan bahwa pernyataan petugas Bandara Bilorai tidak ada adalah tidak benar, karena semua petugas, baik putra daerah maupun pendatang standby ada di lokasi bandara.

FOTO 26 Maret Bandara Bilorai Polsek Sugapa 271x300 - Petugas Bandara Bilorai Tetap Layani Pengguna Jasa Penerbangan
Kabandara Bilorai Sugapa Mustari Jamal di Polsek Sugapa, Kabupaten Intan Jaya, Provinsi Papua. (Istimewa)

Informasi mengenai proses bongkar muat barang dari pesawat di landasan pacu Bandara Bilorai dengan pengawasan petugas bandara ada videonya, sehingga tidak benar jika dikatakan tidak ada petugas di Bandara Bilorai.

Bahkan, Mustari menjelaskan, pada Senin (28/3/2022) akan datang lagi dua orang petugas untuk membantu operasional Bandara Bilorai, apalagi pengerjaan pembangunan gedung bandara sudah selesai dan siap beroperasi.

“Sampai dengan saat ini, pelayanan rute penerbangan Timika-Nabire masih lancar dan kami juga akan menambah petugas bandara lagi untuk semakin memudahkan pelayanan kepada pengguna jasa di Bandara Bilorai,” jelasnya.

Sebelumnya, KKB mengganggu wilayah Bandara Bilorai, tapi tidak terjadi korban jiwa. Kelompok ini membakar satu unit mobil tangki, satu mobil ambulance, dan gedung genset, dan tidak membakar kantor AirNav Bandara Bilorai. I

 

 

Kirim Komentar

Bagikan Artikel