SIG Komitmen Berdayakan UMKM Tingkatkan Ekonomi Berkelanjutan

PT Semen Indonesia Tbk. (SIG), melalui anak usahanya PT Semen Baturaja Tbk. berkomitmen untuk terus memberdayakan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) guna meningkatkan ekonomi secara berkelanjutan.

Dengan mendirikan Rumah BUMN (RB) Baturaja, Semen Baturaja mengadakan pembinaan kepada para pelaku UMKM agar bisa memperluas ke pasar internasional.

“Komitmen SIG untuk terus berkontribusi mendukung peningkatan ekonomi secara berkelanjutan, telah membantu banyak pengusaha-pengusaha lokal seperti Deni Saputra melalui program-program pemberdayaan UMKM,” kata Corporate Secretary SIG Vita Mahreyni dalam keterangannya.

Deni Saputra, warga Kemalaraja, Baturaja Timur, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatra Selatan menjadi salah satu pelaku UMKM yang mendapatkan binaan. Ia tak menyangka impiannya menjadi nyata.

Dia sukses membangun usaha kafe berkat pendampingan dan pembinaan dari Rumah BUMN (RB) Baturaja.

Deni merintis usaha Ngupi Ku-day pada 2018 untuk memaksimalkan hasil kebun kopinya seluas dua hektare di Pulau Beringin, Kabupaten OKU Selatan dan memberikan manfaat bagi orang-orang di sekitarnya dengan membuka lapangan pekerjaan.

Vita menjelaskan, Deni Saputra merupakan salah satu dari 261 UMKM yang mendapat pendampingan dan pembinaan di RB Baturaja. Pendampingan dilakukan mulai dari bantuan proses perizinan seperti Nomor Induk Berusaha (NIB), sertifikasi halal, beragam pelatihan, hingga pengemasan dan pemasaran produk.
​​​​​​
Selain itu, RB Baturaja juga memfasilitasi UMKM binaan untuk berpartisipasi dalam ajang pameran berskala nasional hingga internasional, seperti IBD Expo pada 2018, Lampung Fair yang diadakan setiap tahun, hingga ICPF di Kuala Lumpur Malaysia pada 2019. I

Kirim Komentar
Baca Juga:  PRESIDEN AJAK MASYARAKAT CINTAI PRODUK DALAM NEGERI