WALI KOTA BEKASI LANTIK DIRUT PERUMDA TIRTA PATRIOT PERIODE 2021-2026

Pelantikan Direktur Utama Perumda Air Minum Tirta Patriot Kota Bekasi periode 2021-2026 di Stadion Patriot Candrabhaga, Kota Bekasi. (Istimewa)
Bagikan Artikel

Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi melantik Solihat yang kembali menjadi Direktur Utama Perusahaan Umum Daerah Air Minum (Perumda) Tirta Patriot Kota Bekasi periode 2021-2026 di Stadion Patriot Candrabhaga, Kota Bekasi.

Hadir pula Wakil Wali Kota Bekasi Tri Adhianto, Ketua DPRD Kota Bekasi Chairoman J. Putro, dan Sekretaris Daerah Kota Bekasi Reny Hendrawati, yang ikut menyaksikan penandatanganan berita acara pelantikan Direktur Utama Perumda Tirta Patriot.

“Saya mengucapkan selamat kepada Direktur Utama Perumda Tirta Patriot periode 2021-2026 yang baru saja saya lantik, Bapak Solihat yang akan meneruskan penanganan perumda di Kota Bekasi, yang terus bersinergi dengan baik apapun permasalahannya,” ujar Wali Kota Rahmat.

Menurutnya, pelayanan air bersih merupakan kebutuhan dasar bagi seluruh masyarakat kota Bekasi.

Untuk itu, dia menambahkan, diperlukan pengelolaan perusahaan umum daerah yang baik sehingga mampu menjawab tantangan pemenuhan kebutuhan air bersih di Kota Bekasi.

Terkait dengan pemenuhan kebutuhan alir bersih masyarakat, Pemerintah Kota Bekasi telah berkomitmen untuk memenuhi target Sustainable Development Goals (SDGS) pada tahun 2030, dengan mewujudkan seratus persen akses air bersih dan aman yang dapat dinikmati seluruh masyarakat.

“Target tersebut bukanlah hal yang mudah untuk dicapai mengingat jumlah pelanggan aktif yang dimiliki perusahaan baru mencapai 37.000 SL,” jelas Wali Kota Bekasi.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah penduduk yang terlayani di wilayah administrasi sebanyak 146.082 jiwa atau 5,9 % dari jumlah penduduk, sedangkan penduduk di wilayah teknis yang terlayani sebanyak 146.595 jiwa atau 11,08 % dari jumlah penduduk yang terdapat jaringan pipa perusahaan.

Wali Kota Rahmat menuturkan, hal tersebut juga masih belum dapat memenuhi target cakupan layanan Pemerintah Kota Bekasi dalam dokumen RISPAM, cakupan pelayanan sampai dengan akhir tahun 2020 ditargetkan sebesar 39,69%.

“Oleh karena itu, untuk mencapai target, fungsi dan peran Perumda Tirta Patriot perlu terus dioptimalkan dengan mendorong peningkatan kinerjanya dalam pelayanan air bersih,” ungkapnya.

Memperhatikan tugas utama yang diemban, Wali Kota Bekasi menambahkan, maka dalam pengelolaannya Perumda Tirta Patriot perlu dilakukan secara profesional, transparan dan akuntabel, yang tidak hanya mengedepankan sisi komersial saja dalam pengelolaannya, tapi juga harus memperhatikan sisi pelayanan sosial,” jelas Wali Kota. I

 

 

Kirim Komentar

Bagikan Artikel