Gubernur Jambi Fachrori Umar; Memimpin dengan Sepenuh Hati

0
14

Menghabiskan sebagian besar waktu pendidikannya di sekolah berbasiskan agama dan sebagian besar karier profesionalnya juga dihabiskan di lembaga yang mengurusi masalah sosial keagamaan, sosok Gubernur Jambi Fachrori Umar memiliki kemampuan yang mumpuni untuk memimpin dan membangun Jambi.


Selama memimpin Jambi, baik sebagai Wakil Gubernur maupun Gubernur, banyak kemajuan yang sudah dicapai. Baik di bidang pembangunan infrastruktur, ekonomi, Sumber Daya manusia (SDM, maupun budaya. Salah satu kunci dari kemajuan pembangunan adalah keberlanjutan dan berkesinambungan.


Latar belakang pendidikan keagamaannya dan pengalaman professionalnya menjadi pembeda sekaligus menjadi keunggulan tersendiri. Saat ini, Fachrori adalah kepala daerah yang memiliki kedalaman ilmu agama serta berpengalaman dalam membangun Jambi serta bakcround ilmu pemerintah yang tercukupi.


Dia menghabiskan sebagian besar masa pendidikannya di Sumatra Barat mulai di Madrasyah Tarbiyah Candung Bukittinggi selama 7 tahun dan berlanjut ke IAIN Imam Bonjol Bukit Tinggi sampai akhirnya dia menyelesaikan Pendidikan sarjana di IAIN Syarif Hidayatullah di Tanah Jawa.


Fachori adalah seorang yang gemar berorganisasi. Sejak masih pelajar sudah berorganisasi dengan aktif di organisasi pelajar, mahasiswa, kepemudaan, organisasi sosial dan kemasyarakatan serta partai politik seperti Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), Kahmi, KNPI, Muhammadiyah, Nahdatul Ulama, Golkar, Nasdem dan sebagainya.


Karier professionalnya dilalui mulai dari menjadi Hakim Pengadilan Agama Samarinda Provinsi Kaltim, Hakim Pengadilan Agama Muara Bungo, Wakil Ketua Pengadilan Agama Bangko, Ketua Pengadilan Agama Kota Jambi, Hakim Tinggi Pengadilan Tinggi Agama Jambi dan Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Manado.


Doktor jebolan Universitas Padjajaran tersebut selama sembilan tahun terakhir memperoleh amanat rakyat untuk memimpin Jambi. Mendampingi Zumi Zola menjadi Wakil Gubernur Jambi, naik menjadi Plt Gubernur Jambi sampai akhirnya Putra Bungo, Jambi ini pun didapuk menjadi Gubernur Jambi.


Kepercayaan masyarakat kepada Fachrori bukan tanpa sebab. Dengan latar belakang yang dimiliki, Fachrori yang gemar berpantun itu memahami betul bagaimana seharusnya membangun Jambi. Hal itu sudah tertuang di dalam visi dan misi Jambi Tuntas 2021, dan sudah menggaung sejak Jambi dipimpin Zumi Zola.


Fachrori terus berusaha membangun infrastruktur guna mendukung perekonomian masyarakat. Di dalam pembangunan infrastruktur, Fachrori ingin meningkatkan konektivitas kabupaten dan kota se-Provinsi Jambi maupun antar-provinsi dan nasional. “Konektivitas adalah urat nadinya ekonomi masyarakat,” katanya.


Kini di tangan Fachrori, Provinsi Jambi kian berkembang. Berbagai penghargaan juga diraih. Yang terbaru, Provinsi Jambi baru saja meraih Juara I dan III lomba inovasi daerah dalam melaksanakan tatanan kehidupan normal baru (new normal) Covid-19 untuk kategori hotel dan restoran.

Gubernur Jambi juga mendapat Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang ke delapan kalinya dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI tahun 2020 atas pemeriksaan laporan keuangan daerah Pemerintah Provinsi Jambi tahun Anggaran 2019. I

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here