Optimalisasi Pariwisata Provinsi Jambi Tuntas 2021

0
97
Gubernur Jambi Fachrori Umar
Bagikan Artikel

Pariwisata memang menjadi magnet tersendiri bagi daerah untuk mendulang devisa. Hampir semua daerah menggali potensi wisatanya. Dikemas, diperkenalkan, dijual hingga akhirnya mendatangkan turis domestik dan mancanegara. Demikian juga dengan Jambi. Provinsi yang terletak di pesisir timur di bagian tengah Pulau Sumatra tersebut tidak mau ketinggalan. Sektor pariwisata telah menjadi salah satu unggulan daerah.


Pariwisata masuk ke dalam bagian dari program “Jambi Tuntas 2021” yakni sebuah visi dan Gerakan dimana Provinsi Jambi berkembang menjadi sebuah daerah yang tertib, unggul, nyaman, tangguh, adil dan sejahtera.


“Bagi kami, pariwisata merupakan energizer yang mampu memacu pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” kata Gubernur Jambi Fachrori Umar.


Alumnus IAIN Syarif Hidayatullah, sekarang Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah itu menjelaskan perkembangan sektor pariwisata memang turut menandai kemajuan sebuah daerah.


Makin berkembang sektor pariwisatanya, makin maju pula daerahnya. Sebaliknya, tidak ada daerah yang maju tanpa menghadirkan pariwisata yang maju pula. Kemajuan sebuah daerah selalu diiringi dengan kemajuan pariwisatanya. Kemajuan pariwisata memberikan dampak positif terhadap masyarakat karena sarana dan infrastruktur penunjang pariwisata ikut menggeliat dan dapat dinikmati masyarakat. Hotel, perdagangan, restoran, industri kreatif, transportasi, komunikasi dan perbankan pun berkembang.


Oleh karena itu, berbagai potensi wisata budaya dan keindahan alam terus dikembangkan oleh Provinsi Jambi. “Tetapi, pemberdayaan masyarakat dalam rangka mendukung pariwisata juga dimaksimalkan,” kata Fachrori yang Doktor Ilmu Pemerintahan Universitas Padjajaran, Bandung itu.


Keseriusan Jambi dalam mengembangkan pariwisata dapat dilihat dari diluncurkannya Calender Event Jambi 2020. Sejumlah event masuk ke dalam kalender Pariwisata Jambi seperti Festival Kerinci, Festival Sungai Batanghari, Festival Candi Muaro Jambi, Festival Geopark Merangin, Festival Mandi Safar Tanjungjabung Timur dan Tour de Singkarak Etape Provinsi Jambi.


Calender of Event Provinsi Jambi 2020 disusun dengan tujuan untuk mempromosikan event-event pariwisata kabupaten dan kota di Jambi kepada seluruh masyarakat Jambi, Indonesia bahkan mancanegara. Melalui Calender of Event, Fachrori mengharapkan Jambi menjadi destinasi wisata unggulan Indonesia. Jambi memang layak menjadi destinasi unggulan karena banyak menyimpan beragam keunggulan yang tidak dimiliki daerah lain, salah satunya adalah adanya empat Kawasan Strategis Nasional di Provinsi Jambi.


Kawasan Strategis Nasional yang termasuk dalam kawasan wilayah Provinsi Jambi adalah Kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat, Kawasan Taman Nasional Berbak, Kawasan Taman Nasional Bukit Tigapuluh dan Kawasan Taman Nasional Bukit Duabelas.

Keberadaan Kawasan Strategis Nasional memiliki pengaruh penting terhadap kedaulatan negara, pertahanan dan keamanan, ekonomi, sosial, budaya, Iingkungan dan termasuk wilayah yang ditetapkan sebagai warisan dunia.
Masih banyak lagi potensi unggulan Jambi yang dipersiapkan untuk menarik turis dating ke Jambi. Melalui Jambi Tuntas 2021, Jambi siap menghadirkan Provinsi Jambi sebagai destinasi wisata unggulan Indonesia. I


Bagikan Artikel

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here