HUT RI JADI MOMENTUM PAREKRAF UNTUK PULIH DAN BANGKIT LEBIH KUAT

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengajak seluruh insan pariwisata dan ekonomi kreatif tanah air memaknai HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77 sebagai momentum bersama untuk pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat di tengah kondisi, serta tantangan global saat ini.

“Menggapai percepatan pemulihan kondisi di semua sektor dan siap bangkit menghadapi tantangan masa depan,” kata Menparekraf Sandiaga dalam sambutannya di upacara peringatan HUT RI ke-77 di Gedung Sapta Pesona, Kantor Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Rabu (17/8/2022).

Menparekraf mengatakan, sudah lebih dari dua tahun pandemi Covid-19 menghantam setiap lini kehidupan masyarakat. Saat ini dunia juga sedang dihadapkan dengan era Volatility, Uncertainty, Complexity, Ambiguity (VUCA), serta tantangan ancaman krisis pangan, krisis energi, dan krisis keuangan.

Selain itu,lanjutnya, juga tantangan ekonomi seperti kenaikan harga bahan pokok dan sulitnya mencari pekerjaan sehingga pengangguran meningkat.

Menurut Sandiaga, di tengah tantangan yang luar biasa, sektor pariwisata dan ekonomi kreatif mengalami perubahan yang sangat dinamis.

“Namun, dengan inovasi adaptasi dan kolaborasi antara masyarakat, pemerintah dan seluruh stakeholder pentahelix, kita telah membuktikan ketahanan yang luar biasa, extra ordinary resilient, berani menjadikan krisis sebagai peluang untuk bangkit dan berkembang,” jelasnya.

Sandiaga menilai hal ini menjadi momentum untuk pulih lebih cepat agar siap menghadapi tantangan global dan bangkit lebih kuat untuk siap membawa Indonesia maju.

Kemenparekraf/Baparekraf fokus dalam menghadirkan program dan kebijakan yang tepat sasaran, tepat manfaat, dan tepat waktu yang berorientasi pada pemulihan perekonomian Indonesia.

Beberapa program yang sudah dijalankan seperti Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI), Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI), Kabupaten dan Kota (KaTa) Kreatif, dan lainnya.

Baca Juga:  Chinese New Year on The Train Hadir di KAI Services

Program tersebut untuk beradaptasi memasuki tatanan ekonomi baru yang mengedepankan aspek kebersihan, kesehatan, keamanan, dan keberlanjutan lingkungan yang diiringi dengan bingkai go digital.

“Dengan upaya bersama melalui sektor parekraf. Insya Allah tahun 2022 kami menargetkan capaian 1,1 juta lapangan kerja baru dan berkualitas dan 4,4 juta lapangan kerja baru di tahun 2024,” tutur Sandiaga.

Menparekraf menyatakan, tahun 2022 merupakan tahun yang sangat istimewa dalam menjaga momentum kebangkitan pariwisata dan ekonomi kreatif.

Indonesia dipercaya menjadi tuan rumah berbagai event bergengsi internasional mulai dari G20, World Tourism Day, WCCE, AVPN, Internasional Wellness Tourism Convention, ASEAN Para Games, MotoGP, MXGP, WSL, dan banyak event lainnya.

Ini adalah bentuk nyata dari events lead recovery, kebangkitan berbasis event yang menunjukkan bahwa Indonesia mampu meraih kepercayaan global. Menjadi best practice dunia dalam menangani pandemi dengan lebih baik.

“Pemerintahan Presiden Joko Widodo telah banyak menorehkan prestasi, menciptakan banyak kemajuan, mari kita lanjutkan perkembangan ini untuk menciptakan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia melalui kebijakan yang lebih baik lagi. Kita sesuaikan kebijakan untuk menghadapi tantangan yang ada di depan mata,” papar Sandiaga. I

 

Kirim Komentar