Menkopukm Teten Masduki saat penandatanganan kerja sama Kemenkopukm, Smesco Indonesia dan Accor Indonesia pada Sabtu (3/4/2021). (Foto: Istimewa)
Bagikan Artikel

Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil, dan Menengah (UKM) bersama Smesco Indonesia dan Accor Indonesia berkomitmen membuka kesempatan produk-produk UMKM unggulan untuk mengisi kebutuhan 30.000 kamar di 140 jaringan hotel Accor di seluruh Indonesia.

Kerja sama antara Smesco Indonesia dan Accor pada Sabtu (3/4/2021) ini sangat membantu pelaku UMKM untuk memperluas jaringan pemasaran produk mereka yang terhubung langsung dengan hotel. Pilot project dilakukan di Hotel Pullman, Central Park, Jakarta pada April 2021.

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki meyakini kerja sama tersebut merupakan kolaborasi mutualisme atau saling menguntungkan. “Dengan semakin banyaknya produk UMKM yang tampil di banyak hotel berbintang dan masyarakat akan semakin peduli,” ujarnya.

Menurutnya, produk UMKM juga diharapkan dapat berperan memenuhi kebutuhan hotel-hotel yang akan dibangun di beberapa wilayah Indonsia lainnya, di antaranya di Jawa Timur dan Banten.

Jenis produk UMKM yang akan mengisi jaringan hotel Accor antara lain memenuhi kebutuhan restoran, bedroom, bathroom, toiletries, amenities, home décor, household hinnga minibar.

Sementara itu, Direktur Utama Smesco Indonesia Leonard Theosabrata menjelaskan, kurasi akan dilakukan sesegera mungkin agar setelah pembangunan selesai produk UMKM sudah bisa digunakan. “Tentunya melalui kurasi bersama antara Smesco dan Accor.”

Sampai saat ini, Adi Satria, Senior Vice President Operations and Government Relation Accor Indonesia dan Malaysia saat penandatanganan MoU antara Smesco Indonesia dan Accor Indonesia pada Sabtu (3/4/2021) menyatakan, Accor memiliki 140 hotel di seluruh Indonesia sangat mendukung pemberdayaan UMKM.

“Adanya kerja sama ini merupakan bagian dari Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dan Berwisata di Indonesia,” tegasnya. I


Bagikan Artikel

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here