Sandiaga Uno
Sandiaga Uno
Bagikan Artikel

Guna memastikan pembangunan lima destinasi wisata super prioritas di Indonesia berjalan sesuai dengan rencana, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno membuat kartu skor atau scorecard.

Selama kurun waktu satu tahun, pria yang memiliki follower Instagram sekitar 7,7 juta orang ini harus menyiapkan lima destinasi wisata super prioritas, yaitu Danau Toba, Borobudur, Mandalika, Labuan Bajo, dan Likupang.

Kartu skor sebagai penilaian itu akan dipantau setiap bulan untuk mengetahui perkembangan di setiap destinasi wisata prioritas. Pada kartu skor itu ada tiga pertanda yang menunjukkan siap tidaknya destinasi wisata super prioritas tersebut.

Sandiaga menuturkan tanda hijau menunjukkan jika pembangunan di wilayah itu sesuai dengan rencana, warna kuning jika ada proses yang perlu dorongan, dan warna merah untuk yang paling lambat pembangunannya. Ada tiga unsur dalam indikator pembangunan tadi, yakni infrastruktur utama, infrastruktur penunjang, dan interkoneksi.

Dalam aspek interkoneksi ini, Sandiaga menekankan pentingnya jaringan internet, karena di era digital semua harus serba cepat. Kemudian aspek menyelenggaraan kegiatan, termasuk kegiatan Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition (MICE) dan produk ekonomi kreatif, baik kuliner, fashion, maupun kriya.

Destinasi wisata Danau Toba, adalah berupa danau yang terbentuk dari letusan gunung purba pada 77.000 tahun yang lalu. Di tengah danau ini ada sebuah pulau yang ukurannya hampir sebesar Singapura.

Destinasi Likupang di Sulawesi Utara kini dikembangkan sebagai KEK (Kawasan Ekonomi Khusus) Pariwisata. Luasnya sekitar 200 hektare dan memiliki kawasan pesisir dengan pantai berpasir putih.

Ada destinasi Candi Borobudur yang terletak di Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Sebanyak 3,7 juta wisatawan nusantara dan 242.082 wisatawan mancanegara tercatat mengunjungi salah satu candi Buddha terbesar di dunia ini sepanjang 2019.

Pengembangan Mandalika di Lombok, Nusa Tenggara Barat sebagai lima destinasi super prioritas terus dikebut, terutama menjelang penyelenggaraan MotoGP Mandalika pada 2021. Labuan Bajo sebagai Pulau Komodo yang menjadi habitat kadal purba menjadi daya tarik utama wisatawan.

Selain pembangunan di lima destinasi wisata super prioritas, ada juga program unggulan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif sepanjang 2021. Di antaranya Desa Wisata yang menargetkan sekitar 244 desa wisata maju, mandiri dan tersertifikasi berkelanjutan, hingga tahun 2024. Ada pula gerakan BISA, hibah pariwisata, dan program lainnya. I


Bagikan Artikel

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here