RAKOR PTNP PERKUAT EKOSISTEM STANDAR KOMPETENSI ASEAN

Acara pembukaan Rapat Koordinasi Bersama PTNP di Poltekpar Bali, Jumat (4/2/2022). (Istimewa)
Bagikan Artikel

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Bersama Perguruan Tinggi Negeri Pariwisata (PTNP) yang berada di bawah naungan kementerian ini.

Salah satu kesimpulan dari rakor tersebut adalah penguatan Mutual Recognition Arrangement for Tourism Professional (MRA-TP) di Perguruan Tinggi Negeri Pariwisata (PTNP) untuk menuju Perguruan Tinggi Vokasi Global.

Sekretaris Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Sekretaris Utama Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Ni Wayan Giri Adnyani menyatakan, penerapan MRA-TP ASEAN diperlukan sebagai pengakuan bersama negara anggota ASEAN dalam menerapkan standar kompetensi tenaga profesional di bidang pariwisata.

“Negara-negara anggota ASEAN berusaha meningkatkan kerja sama di bidang pariwisata dalam mewujudkan kawasan Asia Tenggara sebagai tujuan wisata terbaik dan berkualitas,” ujarnya saat acara pembukaan Rapat Koordinasi Bersama PTNP di Poltekpar Bali, Jumat (4/2/2022).

Giri menjelaskan bahwa kegiatan Rapat Koordinasi PTNP yang dilaksanakan pada tanggal 4-5 Februari ini merupakan momentum bagi kita semua untuk bersama-sama mendiskusikan MRA-TP ASEAN PTNP menuju Perguruan Tinggi Vokasi Global.

ASEAN MRA-TP merupakan perjanjian di antara negara-negara ASEAN untuk memfasilitasi pergerakan tenaga kerja bidang pariwisata yang berkompeten dan bersertifikat di kawasan ASEAN.

Mendukung hal tersebut, dia menambahkan, kerja sama dengan industri harus diperkuat, termasuk dalam penyusunan standardisasi uji kompetensi dan praktikum.

Giri menuturkan, Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia (Pusbang SDM) Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Pusbang SDM Parekraf) Kemenparekraf dan PTNP harus terus bersama-sama menjalankan program yang dapat menciptakan SDM Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang unggul, profesional, dan berdaya saing.

Sebab, lanjutnya, hal tersebut mengatasi permasalahan yang timbul dalam menghasilkan sumber daya manusia yang unggul dan berkualitas, sehingga cita-cita menghasilkan pariwisata yang berkualitas dan berkelanjutan dapat terwujud.

“Oleh karenanya, harapan dari kegiatan ini nantinya dapat memberikan hasil yang baik guna meningkatkan capaian kegiatan PTNP di tahun 2022 dalam rangka menciptakan SDM Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang unggul, profesional, dan berdaya saing,” tutur Giri. I


Bagikan Artikel

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here