DELAPAN VENUE PENDUKUNG ASEAN PARA GAMES 2022 SIAP DIPAKAI

Lapangan tenis untuk pelaksanaan ASEAN Para Games 2022 di kawasan Stadion Manahan Surakarta, Jawa Tengah. (dok. pu.go.id)
Bagikan Artikel

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyatakan kesiapan delapan venue pendukung ASEAN Para Games 2022 yang akan diadakan di Kota Surakarta, Jawa Tengah siapa untuk dipergunakan.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meninjau kesiapan sarana dan prasarana pendukung pelaksanaan ASEAN Para Games 2022 di Lapangan Tenis, Kawasan Stadion Manahan Surakarta, Sabtu (16/8/7/2022).

Selain Lapangan Tenis Manahan, renovasi juga dilakukan pada tujuh venue, yakni GOR Universitas Tunas Pembangunan (UTP), GOR Universitas Sebelas Maret (UNS), Stadion UNS, Stadion Sriwedari, Lapangan Kota Barat, GOR Fakultas Keolahragaan (FKOR) UNS, dan Tirtonadi Convention Hall.

Menurut Menteri Basuki, penyelesaian renovasi venue olahraga ASEAN Para Games dilaksanakan dengan cermat, mulai dari tahap desain, pembangunan, dan pengawasannya dengan tetap memperhatikan aspek keselamatan.

“Saya kira sudah siap semua untuk dipakai ASEAN Para Games, sudah selesai semua,” ungkapnya.

Setelah selesai renovasi, Menteri Basuki menambahkan, tugas selanjutnya adalah merawat seluruh venue, serta memanfaatkan dengan sebaik-baiknya sehingga keberlanjutan pembinaan atlet dapat terjaga.

“Namun, sebetulnya ASEAN Para Games itu judulnya saja, tapi yang penting setelah itu tetap dipakai. Kalau enggak ya sayang sudah di renovasi, makanya ada di UNS. Ini kesempatan saja ada ASEAN Para Games jadi direnovasi,” tuturnya.

Pada kesempatan tersebut, Menteri Basuki juga berbincang-bincang dengan para atlet tenis yang tengah berlatih dan berpesan kepada para atlet untuk semangat dan fokus dalam mengikuti pertandingan ASEAN Para Games.

“Tetap semangat, Saya hanya bisa bantu infrastruktur, untuk prestasi tergantung latihan para atlet ya,” katanya.

Renovasi venue ASEAN Para Games 2022 dilaksanakan secara serempak sejak tanggal kontrak 1 Juni 2022 dan telah selesai seluruhnya dalam waktu 45 hari kerja.

Pembenahan venue ASEAN Para Games dilaksanakan oleh kontraktor PT Waskita Karya dan PT Virama Karya, selaku Manajemen Konstruksi meliputi, renovasi tribun penonton dan VIP, jogging track, lapangan GOR, office, toilet difable, pengecetan bangunan indoor dan outdoor, pemasangan scoring board, serta lighting FOP dan tribun.

Manajer Cabang Olahraga Tenis Indonesia untuk ASEAN Para Games Yasin menyampaikan terima kasih kepada Kementerian PUPR yang telah melakukan renovasi dan selesai tepat waktu, sehingga sudah dapat digunakan untuk latihan.

“Progresnya sangat luar biasa Pak Menteri, luar biasa direnovasi dengan perlengkapan baru semua,” ungkap Yasin. I

 


Bagikan Artikel

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here