DORONG PRODUK EKRAF OTOMOTIF TANAH AIR BERSAING DI DUNIA INTERNASIONAL

Menparekraf/Kabaparekraf Sandiaga Salahuddin Uno saat di booth Indonesia pada Indonesia Australian Auto Aftermarket Expo 2022 di Melbourne Covention and Exhibition Centre, Kamis (7/4/2022). (Istimewa)
Bagikan Artikel

Pemerintah mendorong ekonomi kreatif di bidang otomotif Tanah Air, seperti industri mobil dan motor custom dapat terus berkembang dan mampu bersaing di industri otomotif internasional.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menyatakan, pemerintah akan  terus mendorong agar produk otomotif di Tanah Air mampu membuat pasar sendiri dan bersaing di industri otomotif luar negeri.

“Saya menghadiri pameran ini ada empat perusahaan asal Indonesia yang berpartisipasi. Mulai industri kreatif berbasis velg, spring, pengereman yang berhubungan dengan otomotif,” katanya saat di booth Indonesia pada Indonesia Australian Auto Aftermarket Expo 2022 di Melbourne Covention and Exhibition Centre, Kamis (7/4/2022).

Menurut Sandiaga, keberadaan pengusaha ekonomi kreatif Indonesia di Australia tidak hanya membuka peluang pasar yang baru, tapi juga meningkatkan peluang investasi yang akan membangkitkan ekonomi dan menciptakan lapangan kerja.

“Jadi, saya sangat mendukung langkah strategis dari Kementerian Perdagangan dan Komjen KJRI ini harus kita fasilitasi,” ujarnya.

Sandiaga menjelaskan bahwa hal itu sesuai dengan perintah Presiden RI Joko Widodo untuk menata perekonomian pascapandemi Covid-19 yang lebih kuat, sustainable, dan mampu membuka peluang usaha dan lapangan kerja di Indonesia.

“Di sini kita baru melihat beberapa produk, seperti velg, spring, dan rem, tapi ke depannya kita akan melihat industri kecil menengah seperti yang di Tegal, Purbalingga, produk otomotif yang kualitasnya juga sudah bisa untuk ekspor,” jelasnya.

Saat perhelatan balap MotoGP di Mandalika Nusa Tenggara Barat, lanjut Sandiaga, para pembalap kagum dengan hasil modifikasi motor di Indonesia.

“Oleh karena itu, kita juga dukung pengembangan mobil dan motor custom agar bisa ditampilkan di expo di Australia. Jadi ini harapan kita ke depan,” ungkapnya. I


Bagikan Artikel

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here