Gubernur Lampung Arinal Djunaidi
Gubernur Lampung Arinal Djunaidi (tengah)
Bagikan Artikel

Pemerintah pusat memberikan apresiasi kepada Pemerintah Provinsi Lampung yang telah mengembangkan usaha kemitraan antara pengusaha dengan petani. Penghargaan tersebut membuktikan peranan pemerintah daerah setempat untuk kesejahteraan para petani.

Saat kunjungan kerja Menteri Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki dan Menteri Agraria dan Tata Ruang Sofyan A. Djalil di Provinsi Lampung pada Minggu (28/2/2021), memberikan apresiasi atas kerja keras Pemerintah Provinsi Lampung.

Kunjungan kedua menteri tersebut di antaranya peninjauan kebun pisang di kebun pisang Kemitraan Anggota Koperasi Produsen Tani Hijau Makmur di Desa Sumber Rejo, Kabupaten Tanggamus.

Kebun pisang tersebut dikelola secara bersama oleh masyarakat petani dibawah binaan PT Great Giant Pineapple. Pada kunjungan berikutnya, Gubernur Arinal dan rombongan menteri melakukan kegiatan peninjauan tempat pengelolaan pisang (packing house) yang dikelola oleh Kelompok Tani Arjuna, yang berlokasi Desa Sumber Mulyo, Dusun IV, Kecamatan Sumber Rejo, Kabupaten Tanggamus.

Gubernur Lampung 249x300 - Gubernur Lampung Arinal Djunaidi; Inisiator Program Kartu Petani Berjaya
Gubernur Lampung Arinal Djunaidi

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi menyatakan, kemitraan pengusaha dan petani diwujudkan dalam bentuk program Kartu Petani Berjaya. Program ini Kartu Petani Berjaya merupakan kunci untuk membantu petani, termasuk di sektor perkebunan dalam usaha memenuhi permodalan dengan menjalin kerja sama dengan berbagai pihak termasuk perbankan.

Kemitraan pengusaha dan petani yang dilakukan di Provinsi Lampung dapat dijadikan contoh untuk program kemitraan sejenis di daerah lainnya. Apalagi Provinsi Lampung merupakan daerah yang mampu mencatatkan nama harum Indonesia dikancah dunia dengan menjadi penyuplai produk nanas kaleng terbesar di dunia.

Untuk mewujudkan Rakyat Lampung Berjaya, Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim (Nunik) juga mendorong para penyuluh pertanian bergandengan tangan bersama pemerintah. Salah satunya dengan melakukan perlindungan lahan pertanian dan regenerasi pertanian di kalangan generasi muda.

Kesuksesan Arinal Djunaidi dalam program kemitraan pengusaha dan petani ini, membuat Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Lampung memberikan penghargaan sebagai Inisiator Program Kartu Petani Berjaya. Penghargaan diberikan saat kegiatan Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2021 dan HUT Ke-75 PWI di Aula Balai Wartawan, Kantor PWI Provinsi Lampung, Selasa (9/2/2021).

Kegiatan yang digelar oleh PWI Provinsi Lampung itu juga terhubung secara daring dengan Peringatan HPN PWI Pusat di Jakarta yang juga dihadiri oleh Presiden Joko Widodo secara virtual dari Istana Merdeka.

Selain Gubernur, Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Lampung Kusnardi, Rektor UBL M. Yusuf Sulfarano Barusman, dan Ketua KTNA Provinsi Lampung Hanan A. Rozak juga menerima penghargaan sebagai Tokoh Penggerak Kartu Petani Berjaya.

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi berharap agar insan pers dapat meningkatkan perannya dalam memberikan informasi yang positif kepada masyarakat.

Bertepatan dengan peringatan HPN, diharapkan PWI dapat menjadikan ini sebagai momentum dalam mengevaluasi dan menyusun program kerja guna menyukseskan program kerja nasional dan daerah. I


Bagikan Artikel

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here