KEMENPAREKRAF DUKUNG KEBANGKITAN EKONOMI UMKM

Pameran Adiwastra Nusantara 2022 di Jakarta Convention Center, Jakarta. (Istimewa)
Bagikan Artikel

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) mendukung kebangkitan ekonomi Usaha Menengah, Kecil, dan Mikro (UMKM), sekaligus sebagai upaya mengenalkan kain unggulan karya pewastra di Tanah Air.

Menurut Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno, hadirnya kembali pameran Adiwastra Nusantara yang sudah 13 tahun berjalan meski di tengah pandemi dan tantangan ekonomi, membangkitkan gairah para pewastra tanah air.

“Walaupun di tengah pandemi, saya apresiasi hadirnya pameran ini kembali. Kemenparekraf mendukung dan mengharapkan ini menjadi kebangkitan ekonomi dan membuka lapangan kerja,” katanya saat mengunjungi pameran Adiwastra Nusantara 2022 di Jakarta Convention Center, Minggu (13/2/2022).

Sandiaga juga mengapresiasi kegigihan para pegiat UMKM yang terus mempromosikan usahanya di tengah pandemi.

Pameran yang diselenggarakan pada 9-13 Februari 2022 ini mengenalkan kain adat unggulan Nusantara, yang bukan hanya untuk melestarikan tradisi budaya tetapi juga mendukung ekonomi kreatif dan UMKM.

“Kita ingin para pengrajin wastra dan tenun ini pulih dan optimistis dalam menjalankan usahanya lantaran ini tahun kebangkitan. Kita juga punya Gerakan Bangga Buatan Indonesia yang diharapkan menjadi lokomotif kita sebagai gerakan nasional untuk membangkitkan ekonomi,” ujarnya.

Dalam pameran ini, Menparekraf mengelilingi beberapa stand pegiat UMKM dan meninjau hasil-hasil karya yang dipamerkan.

Hadir juga Deputi Bidang Pemasaran Nia Niscaya dan Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif Muhammad Neil El Himam menjadi “Rojali” (Rombongan Jadi Beli) dengan membawa pulang beberapa barang, seperti kain batik dan tenun.

“Kedepan diharapkan semua UMKM di Indonesia dapat terus menjadi tulang punggung bagi perekonomian bangsa dan terus melestarikan budaya tradisional Indonesia,” ungkap Sandiaga. I

 

 

Kirim Komentar

Bagikan Artikel